Saturday, July 28, 2018

Berapakah Lama Tidur yang Kita Perlukan? Nyatanya Belumlah Pasti 8 Jam

Berapakah Lama Tidur yang Kita Perlukan? Nyatanya Belumlah Pasti 8 Jam - Manusia memakai seputar sepertiga hidupnya untuk tidur. Tidak hanya makanan, air serta hawa, tidur juga adalah bagian terpenting buat manusia untuk bertahan hidup. Lamanya jam tidur seorang sangat punya pengaruh serta jadi tanda berapa sehat keadaan tubuhnya. Sayangnya ada banyak yang belumlah memahami mengenai makna tidur yang berkualitas. 

Berapakah Lama Tidur yang Kita Perlukan? Nyatanya Belumlah Pasti 8 Jam

Tidur pulas semalaman, serta badan merasa fresh waktu bangun pada pagi harinya mengisyaratkan Anda telah mendapat tidur berkualitas. Waktu tidur juga tidak sama buat tiap-tiap orang serta itu dapat di pengaruhi oleh umur.  

Studi paling baru yang dikerjakan beberapa pakar di National Sleep Foundation (NSF), Amerika Serikat tunjukkan, anak-anak umur 4 bulan sampai 17 tahun baiknya mendapat waktu tidur semakin banyak dari orang dewasa. Riset ini dapat membuka kenyataan paling baru masalah waktu tidur yang lebih pas daripada studi-studi awal mulanya. 

Untuk tahu berapakah lama sebetulnya seorang mesti tidur pada malam harinya, team periset yang terbagi dalam 18 spesialis di bagian kesehatan tidur, anatomi manusia, pakar pediatri, pakar syaraf, ahli pengetahuan kesehatan lanjut usia serta pakar kandungan membuat suatu panel. Sepanjang dua tahun, mereka mencermati serta menganalisa untuk mendapat tips yang pas masalah waktu tidur. 

Penemuan mereka mengutarakan jika tips awal mulanya nyatanya kurang pas. Orang dewasa ataupun anak-anak membutuhkan waktu tidur semakin banyak dari yang sudah disarankan. 

“Beberapa orang dengan keadaan spesifik mungkin saja butuh tidur lebih lama atau lebih sesaat dari yang sudah direferensikan awal mulanya, ” demikian yang tercatat dalam laporan NSF, dikutip oleh Daily Mail. 

Di bawah ini up-date tips waktu tidur yang launching NSF, berdasar pada umur : 

1. Bayi baru lahir (0-3 bulan) : waktu tidur 14 sampai 17 jam per hari 
2. Bayi umur 4-11 bulan : 12 sampai 15 jam per hari 
3. Balita umur 1-2 tahun : 11 sampai 14 jam per hari 
4. Prasekolah 3-5 tahun : 10 sampai 13 jam per hari 
5. Umur sekolah (6-13 tahun) : 9 sampai 11 jam per hari 
6. Remaja (14-17 tahun) : 8 sampai 10 jam per hari 
7. Saat Remaja (18-25 tahun) : 7 sampai 9 jam per hari 
8. Dewasa (26-64 tahun) : 7 sampai 9 jam per hari 
9. Lanjut usia (65 tahun ke atas) : 7 sampai 8 jam per hari 

Sayangnya, ada banyak orang yang jam tidurnya tambah lebih dikit daripada yang disarankan. Walau sebenarnya kurang tidur dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan seperti sakit jantung, hipertensi sampai obesitas. Untuk mendapat tidur berkualitas, Anda butuh menerapkan cara-cara. Pertama, lakukan untuk tidur teratur tidak cuma di hari-hari kerja tetapi juga akhir minggu. Janganlah karena libur ke kantor, lalu Anda akan memutus untuk tidur lebih malam serta bangun lebih siang. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan siklus tidur serta irama sirkadian. 

Langkah yang lain yang disarankan merupakan berolahraga dengan teratur. Untuk dapat tidur pulas, Sebaiknya anda berolahraga dengan intensitas tinggi tiga jam sebelum tidur. Kegiatan fisik sebelum tidur akan merangsang detak jantung, otak serta otot. Hingga waktu datang saatnya tidur, badan akan lewat proses recovery serta Anda juga dapat tidur lebih pulas. Semua bentuk berolahraga berguna untuk mengoptimalkan jam tidur.

No comments:

Post a Comment