Monday, July 30, 2018

Berikut 15 Hal Keren Di balik Keunggulan Orang yang Mempunyai Kamar Berantakan

Berikut 15 Hal Keren Di balik Keunggulan Orang yang Mempunyai Kamar Berantakan - Mempunyai kamar serta almari yang berantakan tidak selamanya bermakna mengisyaratkan ‘penghuninya’ orang malas ataukah tidak senang kerapihan. Menurut riset, kamar berantakan mengisyaratkan kalaupun pemiliknya mungkin saja orang yang kreatif serta berani melawan tantangan. 

Berikut 15 Hal Keren Di balik Keunggulan Orang yang Mempunyai Kamar Berantakan

Beberapa ilmuwan dari University of Minnesota ingin mempelajari apa bekerja di dalam ruang yang berantakan memunculkan efek positif pada perform kerja seorang. Mereka juga membuat tingkatan uji coba untuk mengecek dampak situasi lingkungan dengan tingkah laku manusia. 

Riset menyertakan sekumpulan mahasiswa yang dibagi jadi dua group. Group pertama masuk ke ruang yang teratur rapi, sesaat group ke-2 ditempat yang berantakan. Semua responden lalu disuruh pikirkan langkah baru serta kreatif memakai bola ping-pong. 

Group yang ada di ruang rapi serta berantakan saling menyumbangkan banyak inspirasi baru, akan tetapi grup ke-2 tambah lebih kreatif. Menjadi contoh, responden dari group di ruang yang berantakan merekomendasikan untuk jadikan bola ping-pong menjadi pencetak es batu atau bantalan pada kaki-kaki kursi supaya tidak berlangsung gesekan yang membuat lantai lecet saat kursi digerakkan. Sesaat responden di grup pertama membuatnya untuk mainkan beer pong, di mana bola ping pong memang umum dipakai untuk permainan ini. 

“Berada di ruang dengan situasi yang berantakan menyebabkan kreatifitas seorang, serta itu point yang cukuplah dilihat dalam suatu organisasi, ” tutur Kathleen Vohs, psikolog serta profesor di University of Minnesota, seperti diambil dari Health Me Up. 

Riset yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science ini dapat tunjukkan jika orang yang kamar atau lemarinya berantakan condong senang dengan tantangan baru. Dalam uji coba yang sama, simpatisan dipersilakan duduk di dua meja yang berlainan. Meja yang satu bersih tanpa beberapa barang, sesaat meja yang lain dipenuhi benda serta tidak teratur rapi. 

Mereka lalu disuruh lihat dua vs menu restoran. Vs pertama berisi menu-menu classic dengan label ‘classic’ serta vs ke-2 menu fusion dengan label ‘new’. Akhirnya, orang condong pilih menu vs ‘new’ saat ada di meja berantakan daripada rapi. 

Perlu untuk diketahui jika ada ketidaksamaan berarti pada kamar atau ruang berantakan dengan yang kotor. Kamar berantakan saat barang-barangnya tidak terorganisir dengan baik, atau diletakkan sembarangan. Sesaat kamar kotor bukan sekedar berantakan, tetapi banyak juga debu dan sampah berantakan. 

Kamar berantakan tidak selamanya jelek, akan tetapi bila dibarengi dengan piring kotor, sampah sisa makanan serta debu tebal jadi itu tidak higienis serta beresiko jelek buat kesehatan. Lantas bagaimana dengan orang yang kamarnya begitu teratur rapi? Menurut riset memang tidak sekreatif penghuni kamar berantakan, akan tetapi mereka mempunyai keunggulan sendiri. Dijelaskan dalam hasil riset jika pemilik kamar rapi merupakan orang yang lebih dermawan serta condong miliki kebiasaan makan sehat.

No comments:

Post a Comment