Monday, July 30, 2018

Bikin Penasaran! Yuk Ikuti 12 Trik Unik Ini untuk Mengatasi Galau Pada Waktu Hujan

Bikin Penasaran! Yuk Ikuti 12 Trik Unik Ini untuk Mengatasi Galau Pada Waktu Hujan - Musim hujan bukan sekedar membuat badan kedinginan serta rawan sakit, tetapi dapat juga merubah situasi hati. Beberapa riset tunjukkan jika musim hujan sama dengan berkurangnya situasi hati bahkan juga depresi mudah. Suatu studi di Eropa juga mengutarakan jika situasi hati yang positif jarang didapati saat hujan serta musim dingin datang serta rawan membuat orang alami Seasonal Affective Disorder (SAD), yakni depresi mudah yang berlangsung pada saat yang sama tiap-tiap tahun. 

Bikin Penasaran! Yuk Ikuti 12 Trik Unik Ini untuk Mengatasi Galau Pada Waktu Hujan

SAD biasanya berlangsung di negara empat musim serta umumnya banyak dihadapi orang saat musim gugur serta dingin. Akan tetapi tidak tutup peluang masalah ini dapat berlangsung di negara tropis seperti Indonesia, terutamanya pada musim hujan. Bila Anda rasakan tanda-tanda melemahnya daya serta dan mood jadi negatif pada keadaan cuaca spesifik, ada peluang Anda alami masalah ini. Lantas, bagaimana menangani SAD atau yang dikenal juga dengan sebutan winter blues ini? 

1. Cari Cahaya 
Berdasar pada data dari Seasonal Affective Disorder Association, satu dari lima orang di Inggris alami winter blues. Waktu hujan, langit condong mendung hingga kurang sinar matahari. Keadaan ini dapat merubah skema sirkadian pada badan manusia hingga mengakibatkan badan lesu, resah serta ingin banyak makan. Untuk menangani mood yang gloomy di cuaca mendung, saat bangun pada pagi hari bukalah gorden jendela serta nikmati terpaan cahaya matahari, bukan melanjutkan tidur serta mendekap selimut. Anda dapat juga jalan-jalan sesaat diluar rumah saat 10 atau 15 menit. Cahaya matahari akan merangsang badan supaya lebih fresh serta semangat. 

2. Dengarkan Musik Melankolis 
kelihatannya memang kontradiktif, bagaimana musik memiliki irama susah dapat menghidupkan mood ceria? Akan tetapi hal tersebut sudah dibuktikan oleh beberapa ilmuwan yang temukan jika dengarkan lagu-lagu susah adalah langkah yang pas supaya situasi hati lebih ceria. Hasil dari riset diketemukan jika lagu serta musik bertopik susah menolong menangani mood serta perasaan kesepian karena membuat kita semakin dapat meluapkan emosi. Menurut ilmuwan dari Tokyo University, musik bertopik susah juga membuat kita terasa lebih tenang. 

3. Berdiri dengan Kepala di Bawah 
Pergerakan yang ada dalam latihan yoga ini umum dimaksud dengan Inversion, yakni ada dalam tempat berdiri dengan kepala dibawah. Waktu dalam tempat ini, darah akan mengalir ke otak hingga tingkatkan daya serta konsentrasi. Pergerakan ini dapat kurangi jumlahnya kortisol, hormon penyebab stres hingga perasaan depresi serta resah Anda akan mereda sesaat serta dampaknya juga dapat periode panjang. Bila Anda bukan atlet akrobat ataukah tidak terlatih lakukan pergerakan ini, dapat melatihnya dengan menyender pada dinding. 

4. Memperbanyak Berdiri 
Suatu studi temukan jika kebanyakan duduk kurun waktu lama sama berbahayanya dengan merokok. Duduk selama waktu, akan tingkatkan resiko diabetes, sakit jantung, obesitas, kematian awal, sakit punggung sampai depresi. Supaya mood bertambah, perbanyaklah berdiri saat di kantor atau rumah. Ambillah sendiri air putih Anda ke pantry daripada memohon pertolongan office boy. Berjalanlah menuju tempat makan siang, bukan dengan pesan pada office boy atau naik mobil bila jaraknya tidaklah terlalu jauh. 

5. Makan Dark Chocolate 
Cokelat tanpa penambahan perasaan, gula serta susu akan membuat perasaan Anda sangat baik dengan saat itu juga. Pilih dark chocolate dengan kandungan cokelat 60 sampai 70 %, sangat baik lagi yang macamnya raw chocolate. Berarti, biji cokelat tidak lewat proses roasting serta tidak memiliki kandungan gula ataupun perasa penambahan. Dark chocolate ini kaya anti-oksidan, magnesium, zat besi, zinc serta vitamin C yang bermanfaat tingkatkan ketahanan badan. Dark chocolate juga kaya tryptophan, zat peningkat mood positif yang memunculkan dampak yang sama dengan saat tengah jatuh hati. 

6. Latihan Pernapasan 
Menyendiri serta menarik napas dalam-dalam dan membuangnya dengan perlahan-lahan akan membuat oksigen mengalir ke otak. Bernapas dengan tehnik meditasi dapat kurangi stres, pikiran lebih jernih serta beberapa hal negatif.  

7. Catat Surat Perkataan Terima Kasih 
Beberapa hal kecil nyatanya dapat menolong kurangi kandungan stres bahkan juga depresi, termasuk juga mengatakan terima kasih melalui kartu perkataan atau surat. Berterimakasih pada orang yang lain yang sudah memberikan makna atau menolong dalam kehidupan Anda efisien untuk kurangi perasaan negatif seperti susah juga resah. Suatu studi yang diterbitkan dalam Journal Of Clinical Psychology temukan jika responden yang menulis surat perkataan terima kasih pada orang yang lain rasakan kebahagiaan saat satu minggu penuh.

No comments:

Post a Comment