Monday, July 30, 2018

Fakta Unik! Trik Hindari Pikun di Usia Dini Cukup dengan Pejamkan Mata

Fakta Unik! Trik Hindari Pikun di Usia Dini Cukup dengan Pejamkan Mata - Sudah pernahkah Anda lupa menyimpan kunci mobil? Atau mungkin lupa mengingat password e-mail? Semestinya Anda pantas siaga karena hal itu merupakan salah satunya pertanda penurunan daya ingat di umur awal.

Fakta Unik! Trik Hindari Pikun di Usia Dini Cukup dengan Pejamkan Mata

Akan tetapi janganlah cemas, ada satu langkah ringan untuk mencegahnya, yakni cukup hanya pejamkan mata. Hal seperti ini dibuktikan dengan suatu uji coba yang dikerjakan oleh pakar psikolog dari University of Surrey Inggris yang membuat eksperimen pada 200 pria serta wanita.

Dalam eksperimen itu mereka dipertunjukkan satu film pendek yang cuma di isi oleh adegan-adegan tanpa nada. Kemudian, mereka kembali diberikan suatu film yang diperlengkapi dengan nada.

Lalu beberapa pakar melemparkan beberapa jenis pertanyaan yang terkait dengan film-film yang barusan mereka lihat. Akhirnya, sekitar 71% relawan menjawab pertanyaan dengan pas dengan mata terpejam. Sedang 48% relawan yang menjawab dengan mata terbuka malah memberi jawaban yang kurang pas.

Cara pejamkan mata untuk mengingat kembali satu peristiwa ini diakui menjadi salah satunya tehnik yang sangat mungkin pelakunya untuk bangun bayangan yang lebih detil dalam pikirannya. Salah satunya penelitinya, Robert Nash menyampaikan beberapa orang yang pejamkan mata waktu berupaya mengingat suatu dapat juga mendapatkan faedah yang lain, yakni terlepas dari masalah seputar yang dapat memecah konsentrasi.

Riset ini bahkan juga sudah ditulis dalam jurnal hukum serta psikologi kriminil di Inggris. Salah satunya tulisannya mengatakan jika beberapa polisi sudah lama mengerti faedah cara pejamkan mata ini karena mereka dapat menghimpun semakin banyak info dari saksi mata yang memberi info dengan mata terpejam saat wawancara berjalan.

Robert juga yakin jika cara simpel ini dapat berguna dalam kondisi keseharian, contohnya mengingat kembali nomer PIN serta mengingat daftar belanjaan yang perlu dibeli. Tidak cuma itu saja, riset lainnya juga tunjukkan jika tutup mata bisa tingkatkan pelakunya untuk mengingat kembali tanggal persis satu momen yang dirasakannya walau terjadi bertahun-tahun lamanya.

No comments:

Post a Comment