Sunday, July 15, 2018

Harus Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ingin Membuat Susu Nabati Sendiri Agar Enak Dan Tidak Langu

Harus Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ingin Membuat Susu Nabati Sendiri Agar Enak Dan Tidak Langu - Susu yang di proses dari kacang atau yang umum dimaksud dengan sari nabati jadi salah satunya cairan pengganti susu hewani yang banyak dikonsumsi orang, terpenting buat mereka yang mempunyai intoleransi laktosa.Untuk membuatnya juga dapat dikerjakan didalam rumah.Cukup hanya merendam kacang dengan air sepanjang tadi malam, lalu diblender serta disaring hingga akhirnya memiliki tekstur encer serta mirip susu cair. 

Harus Perhatikan 4 Hal Ini Jika Ingin Membuat Susu Nabati Sendiri Agar Enak Dan Tidak Langu

Walau proses pembuatan sari nabati ini dapat dikerjakan sendiri, tetapi menurut pakar gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, terdapat banyak hal yang perlu dilihat.Apa sajakah? 

1.Lihat Penentuan Kacang 
Sebelum saat mengawali proses pembuatan sari nabati, sebaiknya untuk memerhatikan keadaan serta bentuk kacang waktu memilihnya.Karena pada sebagian type kacang spesifik, terdapat beberapa bakteri di dalamnya. 

“Pilih biji kacang yang masih tetap utuh, janganlah yang telah rusak.Bila yang busuk pastinya mesti didepak.Janganlah tentukan biji yang sudah beralih warna juga.Menyortir dengan cermat di awalnya semakin bagus, ” tutur Rita waktu dihubungi Wolipop, Rabu, (18/11/2015). 

2.Proses Pembuatan 
Lihat juga waktu proses pembuatan sari nabati itu berjalan.Wanita yang mengajar di sebagian universitas menjadi dosen gizi ini merekomendasikan kacang itu baiknya selekasnya diblender serta janganlah didiamkan sangat lama terkecuali bila disimpan pada suhu kulkas. 

“Suhu kulkas ialah suhu yang menghalangi proses pematangan enzim.Yang namanya nabati proses enzimatisnya selalu berlangsung karena itu mesti selekasnya di proses, ” lanjut ibu empat anak itu. 

3.Penentuan Blender 
Biasanya, proses pembuatan sari nabati dikerjakan lewat cara tuangkan kacang-kacangan yang telah didiamkan semalaman ke wadah lalu di jus.Wanita kelahiran 1971 itu merekomendasikan untuk pilih jus yang putarannya dapat bikin partikel kacang jadi sangatlah halus. 

“Pilih jus yang putarannya tidaklah terlalu tersisa ampas sangat banyak.Karena bila ampas banyak di keluarkan di kuatirkan beberapa zat nabatinya itu turut terbuang di ampas, ” tuturnya. 

4.Yakinkan Masih Higienis 
Ditambahkan oleh pakar gizi Leona Victoria Djajadi, bila sari nabati yang di produksi ingin di jual kembali (home-made), yakinkan untuk masih melindungi kebersihannya supaya masih higienis.“Kalau ingin di jual lagi sebaiknya dikasih tanggal produksi serta masih jagalah kebersihannya waktu proses pembuatan juga pengemasan, ” katanya waktu dihubungi Wolipop, Selasa, (18/11/2015).

No comments:

Post a Comment