Tuesday, July 17, 2018

Hati-hati! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Hati-hati! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan - Ladies, kapan paling akhir kali Anda membuka tas kosmetik serta menyortir perlengkapan make up yang lama tidak terpakai? Beberapa wanita miliki kebiasaan beli kosmetik baru walau koleksi alat make up lama masih tetap cukuplah banyak. Akhirnya karena sangat lama tidak digunakan, kosmetik juga jadi kedaluwarsa. 

Hati-hati! Kosmetik Lama Anda Bisa Jadi Sarang Bakteri Mematikan

Meskipun demikian, masih tetap ada-ada saja yang menaruh bahkan juga memakainya tanpa ada sadar akan bahaya yang mengintai. Suatu tes laboratorium yang dikerjakan di London ini mungkin saja akan bikin beberapa wanita selekasnya singkirkan perlengkapan kosmetiknya yang telah tidak wajar gunakan. Produk make up yang telah lama nyatanya menaruh bakteri beresiko, diantaranya bakteri pemicu meningitis (radang selaput otak) yang mematikan yakni enterococcus faecils. 

Beberapa periset dari London Metropolitan University sudah mengecek lima produk kosmetik seperti blush-on, foundation serta lip gloss serta temukan jika mereka menaruh banyak bakteri beresiko. 

Tidak hanya enterococcus faecalis, perlengkapan kosmetik kedaluwarsa juga menaruh bakteri beresiko yang lain yakni eubacterium yang dapat mengakibatkan bacterial vaginosis (tidak seimbangan flora serta bakteri pada Miss V) serta aeronoma, pemicu gastroenteritis serta infeksi pada luka. Bukan sekedar itu, periset juga temukan ada staphlyoccocus epidermidis, bakteri pemicu jerawat yang kebal pada antibiotik, juga enterobacter yang mengakibatkan infeksi saluran kencing serta pernafasan. 

Studi dikerjakan dengan mengetes lima produk kecantikan yang diantar oleh wanita serta beauty blogger dari semua Britania Raya. Yakni blush-on, foundation, lipstik, lip gloss serta maskara. Rata-rata produk kosmetik yang dicheck telah kedaluwarsa empat sampai sembilan bulan. Empat produk kosmetik pertama yang dijelaskan awal kalinya, sesudah dites positif terkena bakteri enterococcus faecalis. 

Blush-on yang telah sembilan bulan kedaluwarsa memiliki kandungan bakteri sangat banyak, sesaat maskara yang sudah empat bulan kedaluwarsa ada di posisi ke-2. Lip gloss yang telah berusia setahun (namun belumlah kedaluwarsa) memiliki kandungan bakteri ke-3 sangat banyak. Lip gloss memanglah lebih rawan terkena bakteri karena dipakai pada mulut, di mana banyak bakteri bergabung disana. 

Selain itu foundation atau alas bedak yang kedaluwarsa empat bulan ada di posisi ke empat yang menaruh bakteri sangat banyak. Lipstik yang telah berusia 10 bulan semenjak dibeli, memiliki kandungan bakteri sangat sedikit diantara ke lima type kosmetik yang ditest. 

“Kebanyakan wanita betul-betul tidak mengerti jika kosmetik mereka punya potensi mengembangbiakkan bakteri mematikan. Riset ini dapat mengagetkan kami serta tunjukkan jika terdapat resiko kesehatan yang cukuplah tinggi disini, ” tutur Rakesh Aggarwal, CEO Escentual, retailer kecantikan on-line yang memprakarsai riset ini, seperti diambil dari Daily Mail. 

Resiko bakteri beresiko tambah tinggi lagi pada wanita hamil atau ibu yang mengatur bayi. Karena bakteri pemicu meningitis banyak diketemukan dalam beberapa kosmetik kedaluwarsa. DI Inggris, Enterococcus faecils terdaftar menjadi bakteri yang membunuh semakin banyak anak-anak dibawah umur lima tahun daripada bakteri infeksi yang lain di Inggris. 

“Semua produk make up berbentuk foundation, lip gloss serta lipstick yang dites dibawah pengawasan ketat laboratorium positif memiliki kandungan enterococcus faecalis. Bakteri ini punya potensi mematikan yang mengakibatkan meningitis serta septicaemia merupakan salah satu yang sangat banyak membunuh bayi-bayi baru lahir, ” jelas Pakar mikrobiologi Paul Matewele dari London Metropolitan University. 

Jadi sangatlah dianjurkan, kosmetik yang kurang lebih telah 10 bulan atau satu tahun lebih tidak digunakan, baiknya didepak saja. Bijaklah dalam beli kosmetik, yakinkan Anda akan memakainya dengan cara teratur hingga dapat habis pada saatnya. Menghilangkan rutinitas menumpuk kosmetik lama karena dapat sangatlah beresiko.

No comments:

Post a Comment