Tuesday, July 17, 2018

Ini Dia Pentingnya Dukungan Keluarga Pada Kesembuhan Pasien Kanker Payudara

Ini Dia Pentingnya Dukungan Keluarga Pada Kesembuhan Pasien Kanker Payudara - Kanker payudara, untuk beberapa orang penyakit ini sangatlah mengerikan. Waktu wanita divonis kanker payudara, shock, takut pastinya dihadapi serta seringkali juga yang terasa dunianya sudah selesai. 

Ini Dia Pentingnya Dukungan Keluarga Pada Kesembuhan Pasien Kanker Payudara

Sebenarnya, kanker payudara tidaklah akhir dari semuanya. Dengan deteksi awal serta penyembuhan yang pas, penyakit ini dapat diatasi dengan dihentikan penyebarannya ke organ badan lainnya. Bertahan dari kanker payudara nyatanya tidak cukup hanya support dengan cara medis saja. Terdapat aspek lainnya yang tidak kalah terpenting yakni support keluarga. 

“Sangat sangat terpenting sepanjang tidak sesat. Berarti keluarga mengarahkan ke prosedur medis yang benar, ” tutur Prof. Dr. dr. Susworo, Sp. Rad (K). ONK. RAD dalam talkshow ‘Pentingnya support keluarga serta medis untuk Pasien Kanker’ yang diselenggarakan The Tempo Grup serta PT Pulau Mahoni di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan, Minggu (11/10/2015). 

Support moril dari keluarga, orang paling dekat ataupun rekan, otomatis akan kurangi tingkat stres dengan cara berarti. Karena makin orang stres serta terasa terjatuh, keadaan badan juga melemah serta kanker dapat makin bertambah kronis. 

Tidak hanya menggerakkan untuk disiplin penyembuhan dengan cara medis, kedatangan keluarga waktu kontrol serta penyembuhan sangat bermakna untuk pasien kanker payudara. Tetapi tidak disangkal memanglah terdapat tantangan yang berat waktu mengikuti pasien kanker. 

“Kanker ini kan penyakit yang pengobatannya lama dapat tahunan. Terkadang terdapat rasa jemu dari keluarga. Diluar itu juga cost yang banyak. Justru terdapat yang berfikir, ya sangat baik melalui saja lah, ” papar dokter yang praktik di Rumah Sakit Siloam ini. 

Waktu rasa jemu atau jemu nampak, keluarga pasien kanker payudara sangatlah dianjurkan untuk mendatangi serta masuk dengan organisasi maupun komune cancer survivor. Menurut dia, komune perduli kanker payudara cukuplah efisien menghidupkan kembali semangat pasien ataupun keluarga untuk melawan kanker. 

“Komunitas cancer survivor ini sangat bagus karena dapat share pengalaman. Berikan arahan yang benar. Komune semacam ini bukan sekedar untuk pasien namun juga pendampingnya. Bila terasa jemu gabunglah ke situ, ” pendapat Susworo. 

Diluar itu juga penting untuk tingkatkan keimanan, mendekatkan diri pada Tuhan. Baik untuk pasien ataupun keluarga atau pendamping. Triknya dengan mendatangkan tuntunan dari rohaniawan, atau seorang yang pakar dalam agama. Perihal ini dibutuhkan untuk membawa pada pikiran serta hati yang lebih tenang dan yakin.

No comments:

Post a Comment