Tuesday, July 17, 2018

Ini Dia Waktu Sangat Baik untuk ‘Curi-curi’ Tidur di Siang Hari

Ini Dia Waktu Sangat Baik untuk ‘Curi-curi’ Tidur di Siang Hari - Di waktu perkembangan, anak umur balita sampai 12 tahun membutuhkan semakin banyak waktu tidur daripada orang dewasa. Jadi tidur siang dianjurkan untuk mendukung perubahan otak ataupun fisik anak. 

Ini Dia Waktu Sangat Baik untuk ‘Curi-curi’ Tidur di Siang Hari

Namun sesudah beranjak dewasa, waktu tidur malah tidak bisa terlalu berlebih. Baiknya, orang dewasa cuma butuh mempunyai waktu tidur bermutu 7-8 jam. Meskipun demikian, ada saatnya kita terasa mengantuk serta ingin terlelap sesaat di sela-sela jam kantor. Berdasar pada riset, tidur siang berguna kembalikan kesegaran otak hingga dapat lebih produktif waktu bekerja. 

Tetapi waktu tidur siang juga butuh dilihat serta baiknya janganlah sangat lama. Menurut hasil studi yang diumumkan dalam pertemuan The European Association for the Study of Diabetes, orang yang tidur siang sepanjang 60 menit atau lebih per harinya, berisiko terserang penyakit diabetes type dua tambah tinggi 46 % dibanding tidur siang kurang dari satu jam.

Baca juga: Waspadai! Perlu Anda Ketahui 5 Pemicu Munculnya Penyakit Berbahaya dari Pekarangan Rumah

Riset yang lain juga membuka, tidur sangat lama di siang hari juga tingkatkan resiko terserang penyakit jantung, metabolisme badan terganggu, penyakit liver bahkan juga, yang terekstrim, kematian. Beberapa argumen orang terasa mengantuk di siang hari, biasanya karena sebab kurang tidur pada malam hari atau disebabkan insomnia. 

Beberapa orang berfikir, minimnya jam tidur pada malam hari dapat ‘dibayar’ dengan tidur siang sepanjang mungkin saja. Sayangnya asumsi itu salah. W. Christopher Winter, M. D., seseorang pakar syaraf serta penyembuhan tidur di Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, Virginia, AS, menyampaikan jika tidur siang kurun waktu lama malah makin jadi parah kesusahan tidur pada malam hari. Mengakibatkan dapat berkembang berubah menjadi insomnia akut. 

Seperti di ketahui, kurang tidur dapat menghadirkan beragam penyakit beresiko. Dari mulai obesitas, diabetes, penyakit jantung, stroke dan lain-lain.

Tidur siang sebetulnya tidak sepenuhya dilarang pada seorang dewasa. Cuma saja batasi lamanya. Christopher mereferensikan, tidur siang baiknya tidak lebih dari 25 menit /hari serta sebelum saat jam 13. 00. Waktu itu cukuplah untuk menahan Anda masuk ke babak tidur lebih dalam yang dapat bikin Anda terasa pening daripada fresh waktu bangun. 

“Anggaplah tidur siang hanya suatu cemilan daripada sajian paling utama, ” tutur Christopher seperti diambil dari Shape. 

Bila Anda masihlah tidak dapat menahan kantuk walau sudah 20 menit tidur, jadi baiknya tanyakan keadaan Anda dengan dokter spesialis. Peluang Anda menanggung derita keadaan lebih serius yang bikin Anda susah tidur pada malam hari.

No comments:

Post a Comment