Thursday, July 26, 2018

Inilah Keajaiban Beberapa Kegiatan yang Buat Badan Lebih Tambah energi Waktu Puasa

Inilah Keajaiban Beberapa Kegiatan yang Buat Badan Lebih Tambah energi Waktu Puasa - Salah satunya tantangan waktu berpuasa merupakan melindungi badan serta pikiran masih tambah energi sepanjang sepanjang hari penuh. Seringkali lemas, kantuk serta tidak bergairah merampungkan pekerjaan kantor dirasa sepanjang berpuasa. Tidak ada konsumsi makanan semenjak pagi sampai mendekati maghrib memang jadi aspek terpenting mengapa badan terasa lemas saat berpuasa. Akan tetapi tidak cuma itu saja, alur fikir juga turut merubah. 

Inilah Keajaiban Beberapa Kegiatan yang Buat Badan Lebih Tambah energi Waktu Puasa

Melakukan beribadah puasa dengan hati yang ikhlas serta pikiran positif dapat juga menolong Anda masih tambah energi selama seharian. Baca beberapa panduan yang dapat dicoba supaya semangat saat berpuasa, tak perlu memercayakan makanan. 

1. Cobalah Therapy Warna 
Beberapa warna hangat seperti merah, kuning serta oranye dapat membuat Anda tambah energi daripada beberapa warna dingin. Berdasar pada riset di Eiseman Center for Color Information & Training, beberapa warna itu sangat cepat menarik perhatian yang aktifkan otak. Jadi dengan lihat atau kenakan suatu berwarna cerah serta hangat, mood juga jadi lebih positif serta semangat. 

Di antara beberapa warna hangat, oranye di ketahui menjadi warna yang sangat efisien menghidupkan daya. Menurut Leatrice Eiseman, direktuf eksekutif Pantone Color Institute seperti diambil dari Prevention, “Oranye adalah kombinasi dari merah, yang tingkatkan produksi adrenalin, serta kuning, yang memperingatkan kita pada cerahnya cahaya matahari serta keceriaan. ” 

Imbuhkan warna oranye pada baju, dapat berbentuk aksesories seperti perhiasan, syal atau tas. Anda dapat juga tempatkan bagian berwarna oranye di meja kantor. Contohnya notes tempel, file folders atau pot bunga. 

2. Kesampingkan Pikiran Negatif 
Mungkin saja Anda masih tetap menyesal karena telah berkelahi dengan adik/kakak, tengah ‘perang dingin’ dengan teman dekat Anda atau sedih dengan hasil presentasi minggu kemarin. Waktu berpuasa, baiknya kesampingkan pemikiran-pemikiran negatif itu. Perasaan sesal serta perasaaan negatif yang lain bukan sekedar mengganggu kesehatan mental tetapi juga mengisap habis daya Anda. 

“Penyesalan itu begitu merugikan, mengakibatkan kerusakan kita dengan cara fisik ataupun mental. Hal tersebut dapat menyebabkan perasaan capek serta kehilangan motivasi dalam kata lainnya, kuras daya, ” jelas Susan Nolen-Hoeksema, PhD, ketua departemen psikologi di Yale University. 

Pikiran positif dapat ditingkatkan dengan relaksasi memakai aromaterapi. Pakai minyak atau lilin aromaterapi yang memiliki kandungan minyak lavender atau citrus. 

3. Melompat-lompat 
Puasa, bukan bermakna Anda cuma duduk lemas di muka meja computer waktu bekerja. Kebanyakan duduk serta tidur malah membuat badan makin lemas serta tidak tambah energi. Oleh karena itu coba semakin banyak bergerak, serta langkah yang termudah yaitu dengan melompat-lompat. Pergerakan yang dikerjakan berkali-kali ini tingkatkan detak jantung hingga membuat konsumsi oksigen semakin banyak masuk ke pada tubuh. Akhirnya, otak juga jadi lebih fresh. 

“Melompat-lompat seolah Anda baru memenangi suatu atau berloncat diatas tempat tidur seringkali dapat menolong tingkatkan daya. Dengan melompat, Anda menghidupkan kembali ketertarikan waktu kecil, membuat Anda terasa konyol (dalam pengertian yang positif) serta hari tak akan jadi monoton, ” papar Elizabeth Lombardo, PhD, penulis A Happy You : Your Ultimate Prescription for Happiness. 

Anda tak perlu melompat-lompat ditempat umum atau kantor tanpa argumen yang pasti, karena dapat mengganggu orang seputar. Kegiatan ini dapat dikerjakan sebelum pergi ke kantor atau saat di toilet. Juga bisa menaiki/menuruni tangga dengan langkah cepat, atau cukuplah dengarkan musik bertempo cepat serta gerakkan badan dan kepala ikuti iramanya. 

4. Aktif di Media Sosial 
Sosial media seperti Facebook, Twitter, Path atau Instagram nyatanya tidak selamanya membuat Anda jadi ‘anti sosial’ didunia riil. Sosial media juga mempunyai dampak positif, seandainya rekan atau beberapa orang yang terkoneksi memang cukuplah kita kenal. Beberapa periset tunjukkan jika saat kita dikelilingi orang yang dicintai, badan akan melepas hormon oksitosin yang menyebabkan perasaan tenang, suka serta semangat. Waktu berhubungan dengan rekan melalui sosial media, perasaan itu juga dapat dirasa walau mereka tidak ada berbentuk fisik. 

Menurut Paul Zak, PhD, direktur Center for Neuroeconomics Studies di Claremint Graduate University, bahkan juga cukup dengan berhubungan di sosial media sepanjang beberapa menit cukup sudah untuk menghidupkan daya positif itu. Jadi bukan bermakna Anda mesti aktif di sosial media sepanjang hari. Tidak hanya sosial media, Anda dapat juga menelepon sahabat atau chatting on-line untuk sebatas tahu berita.

No comments:

Post a Comment