Saturday, July 14, 2018

Kenapa Kita Selalu Mengantuk Sesudah Makan? Ini Alasannya

Kenapa Kita Selalu Mengantuk Sesudah Makan? Ini Alasannya - Sejatinya, mengantuk ialah salah satunya panggilan alarm alamiah badan waktu badan memohon haknya untuk beristirahat. Tetapi beda keadaannya bila diketemukan keadaan tetap mengantuk tiap-tiap sesudah makan. Karena sering kali kondisi itu malah menghalangi kegiatan keseharian. 

Kenapa Kita Selalu Mengantuk Sesudah Makan? Ini Alasannya

Walaupun ada satu teori yang mengatakan keadaan mengantuk tiap-tiap habis makan ialah dilatarbelakangi oleh minimnya supply oksigen ke otak karena tersitanya oksigen pada sistem pencernaan (makin banyak yang diolah/dikonsumsi, makin banyak keperluan oksigen), masih tetap ada pendapat yang mengungkap kondisi mengantuk sesudah makan ialah tanda-tanda dari kekurangan zat-zat dari kandungan enzim pada makanan atau keadaan kandungan gula darah pada badan. 

Seperti diambil dari Helium serta Steadyhealth, terdapat tiga argumen yang mengakibatkan seorang mengantuk sesudah makan, yakni : 

1. Kekurangan enzim 

Enzim dapat dimisalkan menjadi pekerja pada tubuh, seperti rumah yang tidak dapat di bangun tanpa pekerja walau bahan-bahannya telah komplit. Enzim memecah makanan yang dikonsumsi jadi unit-unit yang lebih kecil hingga bisa diserap oleh badan. Diluar itu enzim dapat juga berperan menjadi katalis untuk bikin suatu dapat berlangsung. 

Ada tiga type enzim yang diperlukan oleh badan untuk mengolah makanan yakni, enzim pencernaan yang disekresikan oleh kelenjar ludah, perut, pankreas, beberapa sel endokrin dan usus kecil. Ke-2, enzim yang diketemukan pada semua makanan mentah yang dikonsumsi. Ke-3, enzim metabolik yang bergungsi menjadi katalis, menghasilkan daya, buang kotoran serta detoksifikasi toksin. 

Saat makan, enzim badan bekerja sangatlah keras supaya bisa mengolah semuanya makanan yang masuk. Karena sangat keras bekerja, badan terasa capek serta semestinya waktu capek makanan yang dikonsumsi dapat memberikan daya. 

Namun untuk orang yang kekurangan enzim, makanan yang dikonsumsi tidak mungkin saja daya karena ada masalah penyerapan zat gizi. Mengakibatkan waktu enzim capek, tak ada konsumsi daya hingga bikin seorang jadi mengantuk. 

2. Penyatuan makanan 

Food combining, ialah penyatuan makanan supaya makanan bisa dipakai oleh badan menjadi nutrisi. 

Usaha memadukan protein dengan sayuran non-pati (sayuran berwarna hijau), memadukan karbohidrat dengan sayuran, biji-bijian, konsumsi buah saja atau konsumsi 60-80 % makanan mentah atau dikukus. 

Penyatuan makanan atau konsumsi juice sayuran ini dapat bikin seorang terasa kurang mengantuk serta meningkatkan semakin banyak daya. 

3. Dampak salah satunya neuron 

Argumen seorang mengantuk sesudah makan ialah neuron orexin. Neuron ini ada di hipotalamus yang disebut sisi dari otak yang mengatur banyak sistem juga hampir semuanya hormon. 

Waktu kandungan gula darah bertambah, hal tersebut menyebabkan kerja neuron orexin dihambat. Mengakibatkan, seorang akan terasa mengantuk karena kemampuan neuron orexin yang bertanggungjawab untuk mengatur seorang supaya masih terbangun dihambat. 

Supaya rasa kantuk setelah makan hilang serta masih fit, terdapat banyak hal yang butuh dilihat ; 

  • Janganlah terlewat sarapan pagi. Tanpa ada sarapan, badan mempunyai daya untuk melakukan aktivitas hingga siang. 
  • Jauhi makanan yang memiliki kandungan gula cukuplah tinggi seperti tart, coklat. Karena makanan yang kalori cukuplah tinggi akan menyebabkan rasa kenyang. 
  • Spesial untuk makan siang pastikan jumlah tengah, tidaklah terlalu banyak serta tidaklah terlalu sedikit. 
  • Sembari menunggu waktu makan malam, dapat makan camilan atau kunyah permen yang berperan menahan penurunan kandungan gula darah pada tubuh. Tak perlu ngemil banyak, seandainya perut masih dalam keadaan terisi (bukanlah penuh).

No comments:

Post a Comment