Wednesday, July 18, 2018

Langkah-Langkah Pola Makan yang Butuh Diperhatikan Sesudah Umur Tak Lagi Muda

Langkah-Langkah Pola Makan yang Butuh Diperhatikan Sesudah Umur Tak Lagi Muda - Bersamaan dengan menambahnya umur, dengan cara tidak sadar beragam permasalahanan kesehatan mulai berdatangan. Dari mulai yang mudah seperti ringan capek, kekurangan zat besi, hipertensi, kolestrol sampai yang cukuplah berat seperti osteoporosis, diabetes, sampai kanker. 

Langkah-Langkah Pola Makan yang Butuh Diperhatikan Sesudah Umur Tak Lagi Muda

Tetapi Anda tak perlu sangat cemas, ada beragam langkah untuk mengatasinya, diantaranya yaitu dengan memerhatikan alur makan yang disantap sehari-harinya supaya tetap dalam keadaan bugar. Seperti apa? 

1. Jauhi Makanan Cepat Saji 
Konsumsi makanan cepat saji yang banyak terkandung lemak tidak jemu di dalamnya bisa menyebabkan pembengkakkan pada badan. Diluar itu, makanan cepat saji juga berubah menjadi salah satu pemicu paling utama dari obesitas atau keunggulan berat tubuh. Kandungan sodium tinggi yang ada di makanan cepat saji dapat juga bikin desakan darah bertambah serta kerja jantung berubah menjadi melemah. 

Hingga tidak ada kelirunya Anda hindari makanan cepat saji serta ajukan pertanyaan pada restoran mengenai daftar kandungan yang ada pada makanan yang diberikan. Simak juga informasi produk dalam tiap-tiap paket yang dibeli di supermarket untuk tahu beberapa bahan yang terdapat di dalamnya. 

2. Kurangi Makanan Manis 
Walau makanan manis memanglah merasa enak di lidah, tetapi konsumsi sangat banyak beresiko negatif untuk kesehatan. Konsumsi gula yang tinggi merupakan aspek pencetus paling utama untuk diabetes. 

Satu riset yang dimuat di Journal of American Dental Association menuturkan, makanan manis seperti gula membuahkan asam beresiko bila berlangsung kontak secara langsung dengan plak pada gigi hingga menyebabkan rusaknya gigi. Diluar itu, minuman bersoda yang memiliki kandungan asam sitrat atau asam fosfat dapat juga membuahkan erosi gigi yang mengakibatkan rusaknya permanen pada gigi. 

Konsumsi makanan manis juga perlambat sistem perbaikan alami didalam badan. “Saat badan terima banyak konsumsi gula, dengan cara langsung kulit kehilangan kemampuannya untuk pergantian. Molekul didalam gula mengotori kolagen pada kulit hingga membuatnya kurang elastis serta berkerut, ” jelas pakar nutrisi biokimia profesor Shawn Talbott. 

Ia merekomendasikan, pastikan makanan yang dibikin dengan gula alami, seperti madu, sirup maple, atau sirup beras merah. Janganlah konsumsi pemanis buatan karena bisa memberi rusaknya pada badan dengan beragam langkah.  

3. Lihat Konsumsi Karbohidrat 
Konsumsi karbohidrat yang disantap terlalu berlebih bisa bikin kandungan gula darah bertambah hingga kelenjar pankreas keluarkan hormon insulin ke aliran darah untuk menolong sel merubah glukosa berubah menjadi bahan bakar. Namun sering badan seakan ‘salah perhitungan’ dengan melepas hormon insulin yang sangat banyak. 

“Insulin yang sangat banyak dilepaskan bikin kandungan gula darah alami penurunan serta bikin Anda cepat lapar kembali. Mengakibatkan, penyakit yang kerap dihubungkan dengan umur seorang seperti diabetes type 2, sindrom metabolisme, serta serangan jantung mungkin menyerang Anda, ” jelas Hendry Lodge, MD, penulis buku Younger Next Year : Live Strong, Fit, and Sexy �?? Until You�?? re 80 and Beyond. 

Baiknya tetaplah konsumsi karbohidrat kompleks, seperti sayur-sayuran serta gandum utuh yang kaya serat serta nutrisi. Gandum memiliki kandungan biji-bijian yang akan lama diolah oleh badan hingga bikin Anda masih kenyang.  

4. Janganlah Makan Berlebihan 
Perasaan lapar bisa mengakibatkan makan terlalu berlebih hingga menyebabkan obesitas. Waktu Anda terasa lapar, perut mengirim ‘sinyal’ ke otak dengan melepas hormon ghrelin. Masalahnya, diperlukan 30 menit untuk hormon itu untuk kembali normal hingga kemungkinan Anda akan makan terlalu berlebih. 

Janganlah tunggulah waktu makan hingga sampai Anda terasa betul-betul lapar. Konsumsilah dalam jumlah kecil hingga bikin perut tetap kenyang. Konsumsi camilan yang menyehatkan dapat berubah menjadi salah satu pilihan. Namun Anda juga harus tetap menyeimbangkan keperluan protein, karbohidrat, serta lemak pada tiap-tiap makanan yang disantap. 

5. Konsentrasi Makan Tanpa ada Kerjakan Pekerjaan Lain 
Di umur yang tidak lagi muda, stres sering dihadapi oleh kebanyakan orang. Menurut profesor Kevin Spelman, ilmuwan dari University of North Carolina Amerika, hal itu bisa menyebabkan nafsu makan makin jadi membesar dengan melepas hormon kortisol, yaitu hormon yang di keluarkan oleh kelenjar adrenalin. 

Hormon itu bikin penyerapan nutrisi berubah menjadi tidak optimal serta mendesak sistem perbaikan badan. Diluar itu, kortisol juga mengubah darah ke anggota badan jauh dari perut serta usus hingga menghalangi usus untuk mengolah makanan. Akhirnya, proses pencernaan berubah menjadi terhalang. 

Langkah mengatasinya merupakan perlambat proses makan dengan kunyah perlahan-lahan. Dibanding Anda makan dibalik kemudi atau di meja kantor, cari tempat spesial dimana Anda dapat enjoy serta konsentrasi nikmati makanan Anda. 

Bila sangat mungkin, konsumsilah dengan beberapa orang yang bikin Anda nyaman atau makan ditempat yang bikin Anda suka. Waktu didalam rumah, ciptakanlah situasi yang menentramkan, seperti menyimpan lilin pada meja makan yang bisa mengasimilasikan dampak menyenangkan pada badan.

No comments:

Post a Comment