Wednesday, July 18, 2018

Makan Pedas Setiap Hari Dapat Memperpanjang Umur, Apakah benar?

Makan Pedas Setiap Hari Dapat Memperpanjang Umur, Apakah benar? - Kuliner pedas memanglah pas di lidah beberapa orang Indonesia. Seringkali sebagian dari kita mesti lengkapi menu makanan dengan sambal atau cabai sehari-harinya. Rutinitas konsumsi makanan pedas ini juga nyatanya ada faedahnya. Berdasar pada riset yang dikerjakan Kampus Harvard, mereka yang makan pedas sekurang-kurangnya tiga hingga sampai lima kali satu minggu dapat berusia lebih panjang. 

Makan Pedas Setiap Hari Dapat Memperpanjang Umur, Apakah benar?

Studi yang dipublikasi di jurnal medis BMJ itu mengungkap apabila orang yang semakin banyak makan pedas mempunyai peluang untuk hidup lebih panjang 14%. Sesaat orang yang memakan kuliner pedas cuma satu atau 2x satu minggu memiliki 10% peluang untuk hidup lebih lama dari yang tidak benar-benar. 

Hal itu pasti bukanlah tanpa ada argumen. Menurut beberapa periset rempah-rempah memanglah mempunyai banyak faedah kesehatan. Terpenting kapsaisin, zat pemicu perasaan terbakar pada makanan. Kapsaisin di ketahui bisa melawan inflamasi, desakan darah tinggi, obesitas, bahkan juga kanker. Beberapa pakar juga berspekulasi bila antibakterial yang ada didalam kapsaisin bisa punya pengaruh baik pada mikroba di perut. 

Awal kalinya ada sekian banyak penelitian yang membuka hal sama. Diantaranya merupakan yang dikerjakan oleh China Kadoorie Biobank. Studi itu juga mencari kolerasi pada konsumsi makanan pedas dengan pemicu kematian. Akhirnya makin banyak seorang makan pedas, makin lama juga kemungkinannya untuk bertahan hidup. 

Tidak hanya lebih lama hidup, makan pedas juga baik untuk menahan beberapa penyakit. Berdasar pada riset, makan pedas enam hingga sampai tujuh kali satu minggu kurangi peluang untuk wafat karena penyakit pernapasan sekitar 29%, 22% dari permasalahan hati, 8% dari kanker, dan 14% dari penyakit yang lain. 

Beberapa periset juga temukan bila kerap makan cabai fresh tanpa ada di proses kurangi peluang sakit kanker, hati, serta diabetes. Hal itu diprediksikan karena cabai fresh memiliki kandungan semakin banyak kapsaisin serta nutrisi seperti potasium dan vitamin C, A, K, serta B6. 

Walau dapat dibuktikan mempunyai banyak faedah, beberapa periset mengutamakan bila mereka tidak dapat tunjukkan jalinan sebab-akibat pada makan sajian pedas serta panjang usia. Tetapi mereka memiliki pendapat bila hasil riset ini bisa menolong beberapa ilmuwan dalam membuat makanan sehat, termasuk juga pembuatan suplemen herbal.

No comments:

Post a Comment