Wednesday, July 18, 2018

Menangis Waktu Nonton Film Melodrama Ternyata Malah Buat Anda Lebih Bahagia

Menangis Waktu Nonton Film Melodrama Ternyata Malah Buat Anda Lebih Bahagia - Film-film melodrama sering bikin beberapa penontonnya menangis sesenggukan. Tidaklah ada yang menganggap, bila film bertopik sedih nyatanya malah dapat menghadirkan perasaan bahagia.

Menangis Waktu Nonton Film Melodrama Ternyata Malah Buat Anda Lebih Bahagia

Riset yang dikerjakan di Belanda temukan jika mood seorang dapat beralih sesudah menangis waktu melihat film drama melankolis. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui eksperimen pada 60 responden. 

Beberapa responden disuruh melihat dua judul film ; ‘La Vita e Bella’ serta ‘Hachi : A Dog’s Tale’. Tiap-tiap responden lalu mesti menggambarkan perasaan mereka waktu mulai serta sesudah nonton ke-2 film itu. 

Seputar 60 % responden menangis waktu melihat ‘Hachi : A Dog’s Tale’, film mengenai kesetiaan anjing pada majikannya yang diangkat dari cerita riil. Sesaat ‘La Vita e Bella’ atau juga dikenal dengan ‘Life Is Beautiful’ sukses bikin 45 % responden menangis. Responden wanita dilaporkan lebih menangis sesenggukan serta frekuensinya juga seringkali daripada responden pria. 

Point menarik hasil dari studi ini merupakan perasaan beberapa responden setlah menangis. Mereka yang menangis waktu film berjalan, terasa lebih bahagia dengan cara berarti sepanjang 90 menit sesudah filmnya selesai. 

Dr Asmir Gracanin, periset dari University of Tilburg menyampaikan, perihal ini dapat berlangsung karena menangisa menyebabkan otak untuk melepas senyawa kimia atau hormon spesifik. Hormon itu adalah hormon bahagia yang dimaksud oksitosin. 

“Setelah penurunan mood disebabkan menangis, badan butuh waktu untuk kembalikan mood ke kondisi sebelumnya. Namun di waktu yang sama saja tingkatkan mood melewati sebelum melihat film, ” tutur Asmir, seperti diambil dari Independent 

Ahli pengetahuan syaraf yang spesial memahami mengenai air mata, Dr. William H. Frey II menyampaikan, menangis yang karena sebab peristiwa emosional memanglah dapat berubah menjadi langkah untuk menghilangkan stres. Namun berlainan hal nya bila Anda menangis karena ada pemicunya seperti terserang asap rokok atau mengiris bawang merah.

No comments:

Post a Comment