Monday, July 30, 2018

Perubahan Yoga Dalam Kehidupan Modern, dari Ritual India Kuno Sampai Latihan di Udara

Perubahan Yoga Dalam Kehidupan Modern, dari Ritual India Kuno Sampai Latihan di Udara - Yoga adalah type latihan yang bukan sekedar berguna tingkatkan serta pelihara kesehatan badan. Beberapa gerakan dalam yoga dapat juga menentramkan pikiran bahkan juga meredakan stres. Fokusnya merupakan tingkatkan kesehatan dengan holistik baik fisik ataupun mental. Ajaran yoga di ketahui sudah ada semenjak lebih dari lima ribu tahun lantas serta datang dari India. 

Perubahan Yoga Dalam Kehidupan Modern, dari Ritual India Kuno Sampai Latihan di Udara

Ada lima prinsip utama yoga, yakni yoga menjadi cara pendisiplinan diri untuk sampai arah ; yoga menjadi tehnik untuk mengatur badan serta pikiran ; yoga menjadi nama dari salah satunya sekolah atau skema berbasiskan filosofis, yoga dan koneksinya dengan hatha, mantra serta laya dan yoga menjadi latihan. Asal muasal histori yoga dibagi ke empat kelompok. 

Generasi pertama merupakan Yoga Velda yang mengutamakan pada pengetahuan mengenai pengorbanan, pengetahuan mengenai nyanyian dan puja-puji serta mantra magis yang meliputi beberapa memahami filosofis. Yoga Veda yang dimaksud Archaic Yoga erat dengan ritual India kuno yang memadukan dunia material dengan dunia roh yang tidak tampak. 

Lalu yoga berkembang serta menimbulkan memahami baru yang diberi nama Yoga Praklasikal. Beberapa sekolah yoga praklasikal meningkatkan tehnik untuk sampai meditasi lebih mendalam, melebihi badan serta pikiran untuk mengerti makna hidup yang lebih berarti lagi. Lantas lahir lagi Yoga Posklasikal yang tidak sebatas terlalu fokus pada beberapa hal spiritual tetapi mulai menyelidik kemampuan tersembunyi yoga pada jasmani. 

Dalam periode Yoga Posklasikal, generasi baru beberapa pengajar yoga membuat skema yang didesain untuk meremajakan badan serta perpanjang keinginan hidup. Berikut cikal akan lahirnya Hatha Yoga yang sekarang jadi type yoga yang sangat banyak diterapkan di masa moderen. 

Pengembangan yoga moderen dimulai pada masa 1800-an serta pertamakali berkembang di daratan Eropa serta Amerika. Akan tetapi yoga baru mulai popular sesudah tahun 1920-an. Hatha Yoga sendiri masuk peradaban moderen pada 1947 serta mengutamakan pada pergerakan fisik. Pada intinya, semua type yoga yang melatih fisik dimaksud dengan Hatha Yoga karena dengan harfiah, hatha memiliki kandungan makna fisik. 

Yoga ini didesain buat beberapa pemula serta dikerjakan dengan irama lamban. Fokusnya lebih pada pernafasan yang memunculkan dampak relaksasi serta kurangi stres. Hatha Yoga juga ditujukan buat mereka yang ingin tingkatkan fleksibilitas badan, kemampuan otot serta melakukan perbaikan postur. Ada juga Vinyasa Yoga, mencakup tehnik pernafasan basic sama dengan Hatha Yoga akan tetapi digabungkan dengan 12 pergerakan basic. Lakukan yoga ini kuras cukuplah banyak daya hingga cukuplah efisien untuk membuat badan lebih langsing kurun waktu relatif cepat. 

Perubahan yoga setelah itu Ashtanga Yoga, termasuk juga type yoga basic seperti Hatha Yoga serta Vinyasa Yoga akan tetapi dikerjakan dengan tempo yang lebih cepat. Ashtanga Yoga di kembangkan oleh Pathabi Jois, seseorang Guru yoga asal India. Makin lama, perubahan yoga makin besar serta melahirkan semakin banyak beberapa jenis yoga. 

Diantaranya merupakan Bikram Yoga, berolahraga ini hampir semacam dengan yoga umum tetapi dikerjakan didalam ruang bersuhu 40 derajat Celcius. Suhu ruang yang panas menyebabkan badan untuk selalu membakar daya hingga pembentukan serta pelangsingan badan dapat lebih cepat. Bikram yoga berguna juga memperlancar peredaran darah serta singkirkan toksin-toksin melalui keluarnya keringat. 

Pada 1980-an, yoga kembali ‘dimodifikasi’ dengan beberapa gerakan yang lebih inovatif, yang diketahui dengan sebutan Acroyoga. Walau awalannya banyak dikerjakan beberapa orang India, sekolah acroyoga pertama-tama malah ada di Montreal, Kanada. Acroyoga datang dari kata acrobatic serta yoga, di mana beberapa pergerakan acroyoga tampak seperti akrobat. Ada tiga unsur dalam acroyoga yaitu acrobatic, yoga serta therapy, di mana tiga unsur itu bisa jadikan menjadi therapy kesehatan pada badan. Tidak hanya berperan untuk menyehatkan badan, acroyoga berguna juga untuk pembentukan tulang belakang supaya jadi lebih tegak. 

Pengembangan paling baru dalam yoga merupakan Antigravity Yoga yang dipelopori Christopher Harrison, seseorang bekas pemain gimnastik asal New York, Amerika Serikat. Gerakannya mengadaptasi dari pergerakan yoga biasanya akan tetapi menggunakan pertolongan alat berbentuk gantungan atau diketahui dengan hammock yang berperan untuk menyokong badan. Yoga dikerjakan di hawa, seputar 60-80 cm dari atas lantai. Terdapat beberapa faedah yang dapat diperoleh saat lakukan AntiGravity Yoga yakni melakukan perbaikan postur badan yang bungkuk, mengobati sakit punggung sampai memperlancar peredaran darah yang baik untuk jantung.

No comments:

Post a Comment