Saturday, July 28, 2018

Sering Disepelekan! Rutinitas Tanpa Disadari Ini Ternyata Dapat Buat Gigi Cepat Rusak Dan Tidak Kuat

Sering Disepelekan! Rutinitas Tanpa Disadari Ini Ternyata Dapat Buat Gigi Cepat Rusak Dan Tidak Kuat - Malas gosok gigi serta tidak sempat periksa ke dokter adalah rutinitas jelek yang dapat mengakibatkan kerusakan kesehatan gigi. Tetapi tidak cuma itu saja, ada sekian banyak rutinitas yang tanpa diakui dapat membuat gigi ringkih bahkan juga keropos. Dokter gigi Bill Kohn dari Delta Dental Plans Association menuturkan beberapa hal apa yang kerap dikerjakan orang dalam menjaga gigi, tetapi malah punya potensi merusaknya. 

Sering Disepelekan! Rutinitas Tanpa Disadari Ini Ternyata Dapat Buat Gigi Cepat Rusak Dan Tidak Kuat

1. Menyikat Gigi Dua Arah 
Orang terlatih menyikat gigi dengan pergerakan horizontal, yakni menyamping ke kanan serta kiri. Langkah tersebut nyatanya dapat mengikis e-mail gigi karena gerakannya statis, hingga cuma sisi itu saja yang disikat. Bill merekomendasikan untuk menyikat gigi dengan pergerakan memutar, serta lihat juga bersihkan di garis pada gigi serta gusi. Janganlah cuma pusatkan penyikatan di bagian depan saja tetapi juga sisi belakang serta sela-sela gigi. 

2. Kurang Lama 
Banyak orang memiliki pendapat, seandainya telah menyikat gigi jadi gigi telah bersih serta bebas dari keropos atau gigi berlubang. Walau sebenarnya sikat gigi butuh waktu yang lumayan lama. Dokter spesialis kosmetik gigi, drg. Hilly Gayatri menyampaikan, butuh sekurang-kurangnya sikat gigi sepanjang 15 menit supaya bersih prima. Waktu 15 menit telah termasuk juga flossing, menyikat serta berkumur. 

“Flossing dahulu, untuk singkirkan bekas makanan di sela-sela gigi lantas berkumur. Kemudian baru sikat gigi, ” tuturnya. 

Waktu menyikat, Hilly merekomendasikan untuk memakai sikat gigi dengan kepala kecil serta berupa bulat, karena menolong bersihkan gigi lebih detil. Sikatlah gigi satu per satu dengan pergerakan memutar serta desakan yang mudah. Semakin lebih baik bila sikat yang dipakai merupakan sikat gigi elektrik. 

“Jadi tak perlu memberikan desakan sangat keras waktu menyikat. Karena kalaupun sangat keras enamel gigi dapat menipis. Sikatlah sampai gigi merasa licin serta bersih. Kalaupun menyikatnya dengan cara benar, gigi akan merasa bersih serta aroma mulut juga fresh lebih lama, dapat sampai 24 jam, ” katanya. 

3. Memakai Gigi Menjadi ‘Alat’ 
Beberapa orang pilih menyobek bungkusan cemilan dengan gigi taring daripada mencari gunting untuk membukanya. Bahkan juga yang lebih berlebihan lagi, buka tutup botol dengan gigi. Rutinitas itu begitu beresiko buat kesehatan gigi serta mulut. 

“Gigi Anda tidak dibuat untuk lakukan aksi-aksi yang berlebihan, ” tutur Bill, seperti diambil dari Women’s Health USA. 

Bersamaan menambahnya umur, keadaan gigi akan alami penurunan serta lebih ringkih. Bila semenjak muda Anda telah memperlakukannya dengan tidak lumrah, jadi bukan mustahil gusi serta gigi akan terluka serta kerusakannya lebih cepat. 

4. Kunyah Es Batu 
Sebagian orang senang menggigit atau kunyah es batu. Rutinitas ini keliatannya tidak beresiko buat gigi tetapi sebetulnya gigi tidak mempunyai ketahanan untuk terima desakan sekuat itu. Es batu yang begitu dingin bukan suhu yang baik buat sisi dalam mulut yang condong hangat. Saat ditempa benda keras dengan suhu dingin yang berlebihan, desakan semudah apapun dapat membuat enamel alami keretakan kecil. Bila rutinitas ini dikerjakan terus-terusan jadi retakan itu akan melebar serta mengakibatkan gigi peka. 

5. Minum Minuman Manis Tiap-tiap Hari 
Minuman manis yang tinggi gula dapat mengakibatkan penyebaran bakteri didalam mulut, ditambah lagi bila Anda malas menyikat gigi sebelum tidur. Bila tidak dapat hindari minuman manis, selekasnya sikat gigi sesudahnya atau bila tidak sudah sempat, basuh mulut Anda dengan minum air putih. Juga bisa dengan berkumur air putih sesudahnya. Tetapi Bill masih merekomendasikan untuk kurangi mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis sedini mungkin saja. 

“Perlu waktu 20 menit untuk kembalikan tingkat keasaman gigi Anda jadi pH normal sesudah mengonsumsi suatu yang manis, ” jelas Bill. 

Bila Anda terus-terusan minum suatu yang manis seperti kopi dengan gula, sirup atau sari buah jadi mulut tidak mempunyai cukuplah waktu untuk hindari pembentukan bakteri yang muncul karena makanan/minuman manis. Langkah sangat pas merupakan bersihkan mulut serta gigi selekasnya sesudah mengkonsumsinya.

No comments:

Post a Comment