Saturday, July 28, 2018

Studi Membuktikan Jika Kita Dapat Membeli Kebahagiaan dengan Uang, Berikut Triknya

Studi Membuktikan Jika Kita Dapat Membeli Kebahagiaan dengan Uang, Berikut Triknya - Uang tidak dapat beli kebahagiaan, siapa katakan? Bila Anda termasuk juga orang yang mempunyai prinsip itu, mungkin saja butuh berfikir 2x. Menurut beberapa riset, uang nyatanya bukan sekedar dapat beli suatu yang berbentuk materiil tetapi juga juga moril. Seperti apakah? 

Studi Membuktikan Jika Kita Dapat Membeli Kebahagiaan dengan Uang, Berikut Triknya

1. Pakai untuk Berpetualang 
Riset yang dikerjakan oleh Miriam Tatzel, PhD dari Empire State College, State University of New York temukan jika habiskan uang untuk traveling akan membuat orang terasa lebih bahagia daripada memakainya untuk beli barang, semahal apapun harga nya. Uang yang dipakai untuk makan di restoran berkualitas baik atau melihat pertunjukan (teater, sirkus, musikal, konser) akan memberi dampak bahagia yang sama. 

2. Memberikan hadiah Orang Tercinta 
Beberapa periset dari Harvard University temukan jika menggunakan uang untuk memberi kebaikan pada orang yang lain –dikenal dengan juga pengeluaran prososial– akan tingkatkan kesehatan fisik ataupun mental. Dalam studi itu, periset memberi beberapa uang pada simpatisan. Sebagian dari mereka disuruh habiskan uang untuk orang yang lain sesaat yang lain untuk diri pribadi. Simpatisan yang membelikan suatu untuk orang yang lain jadi lebih bahagia diakhir hari daripada mereka yang beli suatu untuk dianya. 

3. Janganlah Berbelanja Karena Ingin Bersaing 
Sebagian orang belanja untuk status sosial, atau supaya mendapatkan ‘pengakuan’ dari lingkungan pergaulannya. Suatu studi mengutarakan jika orang yang mempunyai rekan atau tetangga kaya condong terasa tertekan untuk beli beberapa barang mahal yang melewati batas kekuatannya. Akhirnya, berbelanja bukan menjadi retail terapi malah jadi ‘medan’ pertarungan untuk tunjukkan siapa yang lebih kaya atau berstatus sosial tinggi. Bila Anda belanja dengan pola pikir semacam itu, jadi bukan kebahagiaan yang didapatkan tetapi malah desakan. Bukan sekedar itu, beli barang diluar potensi akan menyebabkan perasaan resah. Supaya pembelian Anda dapat membahagiakan Anda, belilah benda yang memang Anda perlukan serta membuat suka. 

4. Donasikan Uang 
Menyumbangkan uang ke orang yang lain memberi dua keuntungan ; menolong mereka yang memerlukan serta meningkatkan tingkat kebahagiaan. Riset dari Harvard Business School mengutarakan jika memberi uang ke orang yang memerlukan akan aktifkan pusat otak yang terkait dengan perasaan bahagia serta penghargaan. Beberapa riset yang lain juga tunjukkan hasil yang sama. Kesenangan yang didapatkan dari menolong orang yang lain ini dimaksud dengan ‘helper’s high’.

No comments:

Post a Comment