Friday, July 20, 2018

Susah BAB? Inilah 6 Langkah Alami Menangani Susah Buang Air Besar

Susah BAB? Inilah 6 Langkah Alami Menangani Susah Buang Air Besar - Konstipasi atau sembelit pastinya membuat perut merasa tidak nyaman apabila keadaan ini dilewatkan terus-terusan, dapat mengakibatkan masalah pencernaan serius. Frekwensi baik orang buang air besar (BAB) merupakan 2x satu hari, atau sekurang-kurangnya 1x satu hari. Bila lebih dari tiga hari tidak juga BAB jadi telah dapat disebutkan Anda alami sembelit. 

Susah BAB? Inilah 6 Langkah Alami Menangani Susah Buang Air Besar

Kebanyakan mengkonsumsi makanan olahan, daging merah, minuman berkafein, makanan memiliki kandungan banyak minyak serta beberapa produk susu olahan berubah menjadi salah satunya pemicu sangat umum permasalahan pencernaan ini. Kurang konsumsi serat dapat juga mengakibatkan BAB tidak lancar. Saat telah alami sembelit, sebaiknya Anda coba dulu lakukan beberapa hal di bawah ini, seperti diambil dari Health Me Up. 

1. Cukuplah Minum Air 
Terjadinya sembeli dapat karena minimnya konsumsi cairan. Air putih berperan bersihkan racun-racun serta kotoran dari usus supaya lebih ringan terbuang. Saat Anda kurang minum air putih, jadi proses pembuangan kotoran akan terhalang serta terjadi sembelit. 

2. Minum Teh Hijau atau Air Hangat 
Dianjurkan minum satu sampai dua gelas air putih hangat atau teh hijau sesudah bangun tidur. Tidak hanya membuat perut merasa nyaman, teh hijau atau air hangat juga memiliki kandungan anti-oksidan yang tingkatkan ketahanan badan sekaligus juga memperlancar pencernaan. Untuk meningkatkan faedahnya, imbuhkan dikit perasan lemon ke air hangat supaya badan terasa lebih fresh. 

3. Berolahraga Ringan 
Dibanding asik ‘membenamkan’ diri ditempat tidur, sangat baik pakai waktu pagi Anda untuk olahraga. Tak perlu latihan berat, cukup hanya berjalan-jalan atau berlari-lari kecil di seputar kompleks, atau ikuti senam pagi. Kegiatan fisik pada pagi hari akan menolong percepat metabolisme badan yang membuat system pencernaan juga bekerja dengan lancar. 

4. Lebih Probiotik dalam Diet 
Probiotik merupakan bakteri baik yang bisa menolong memperlancar system pencernaan serta membuat BAB lebih teratur. Anda dapat mendapatkannya dari yoghurt (yakinkan ada label bertuliskan probiotik pada paket), minuman bubuk atau berbentuk pil suplemen. 

5. Squat 
Saat impian BAB telah merasa tetapi tidak juga keluar, coba berjongkok atau kerjakan squat. Berjongkok akan merangsang kontraksi pada perut serta membuat faeces lebih ringan keluar. 

6. Makan Buah 
Makanlah buah-buahan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti apel, pir, buah berry (strobery, blueberry, raspberry, anggur) serta pepaya. Rutinlah mengkonsumsinya sekurang-kurangnya tiga jumlah satu hari. Bila sembelit masihlah berjalan, baiknya memperiksakan-diri ke dokter karena mungkin saja ada masalah pencernaan yang lebih serius.

No comments:

Post a Comment