Monday, July 30, 2018

Ternyata Banyak Manfaatnya Lho! Mari Berpelukan di Hari Berpelukan Sedunia

Ternyata Banyak Manfaatnya Lho! Mari Berpelukan di Hari Berpelukan Sedunia - Sudahkah Anda berpelukan dengan orang tersayang hari ini? Bila belumlah, cepatlah peluk mereka yang Anda sayangi. Tidak hanya karena berpelukan mempunyai beberapa faedah, seperti memperkuat ikatan antar dua orang yang berkaitan, hari ini, Rabu (21/1/2014) adalah Hari Berpelukan Sedunia. 

Ternyata Banyak Manfaatnya Lho! Mari Berpelukan di Hari Berpelukan Sedunia

Di Indonesia, Hari Berpelukan mungkin saja belumlah sangat familiar. Akan tetapi di Amerika Serikat perayaan ini sudah diawali semenjak 1986. Kevin Zaborney merupakan orang dibalik hari itu. Saat itu ia lihat jika beberapa orang di negaranya condong malu untuk tunjukkan kasih sayang di muka umum. Berlainan dengan penduduk Prancis yang menurut studi 3x lebih ‘mesra’ daripada masyarakat Amerika. Kevin juga punya niat untuk merubah budaya itu. 

Diambil dari Medicaldaily, untuk mempopulerkan gestur itu Kevin memberikan sehari spesial untuk berpelukan. Dipilihnya 21 Januari karena tanggal itu ada di tengahnya Natal dan tahun baru serta hari Valentine. 21 Januari juga jatuh pada puncak musim dingin dimana umumnya semangat beberapa orang dikit alami penurunan. 

Mulai sejak itu, Hari Berpelukan Sedunia menebar ke semua dunia serta dipandang seperti suatu hari yang pantas diperingati. Di Amerika sendiri Hari Berpelukan memang tidak jadikan hari libur nasional akan tetapi sudah tercatat pada United States Patent serta Trademark Office. 

Sebagian orang mungkin saja memandang bila berpelukan adalah suatu gestur umum yang tidak butuh dirayakan. Lebih di beberapa negara dengan kebiasaan ketimuran seperti Indonesia dimana berpelukan bukan budaya kebanyakan orang. Walau sebenarnya berpelukan mempunyai banyak faedah. 

Menurut Sander Koole yang menulis studi tentang pelukan, kegiatan intim ini bisa menentramkan kekhawatiran atau ketakutan, sekurang-kurangnya untuk sesaat. Tidak cuma beresiko pada kesehatan jiwa, berpelukan dapat juga menghindari Anda dari penyakit jantung. 

“Bahkan sentuhan interpersonal yang remeh bisa membuat orang melawan permasalahan lebih efisien, ” kata Sander.

No comments:

Post a Comment