Saturday, July 28, 2018

Walau Dikatakan Tidak Modern, Nyatanya Membungkus Makanan dengan Daun Pisang Itu Bermanfaat Untuk Kesehatan

Walau Dikatakan Tidak Modern, Nyatanya Membungkus Makanan dengan Daun Pisang Itu Bermanfaat Untuk Kesehatan - Beberapa negara di lokasi Asia miliki kebiasaan menggunakan daun pisang menjadi alas makan atau pembungkus makanan. Ucap saja Indonesia, Malaysia, Thailand juga India. Walau berkesan ‘kurang elit’ serta kuno, langkah makan tradisionil yang sudah dikerjakan semenjak jaman dahulu ini nyatanya memberikan beberapa faedah baik buat kesehatan badan ataupun lingkungan. Apa sajakah? 

Walau Dikatakan Tidak Modern, Nyatanya Membungkus Makanan dengan Daun Pisang Itu Bermanfaat Untuk Kesehatan

1. Sehat 
Daun pisang kaya polifenol, anti-oksidan yang sama yang diketemukan dalam daun teh hijau. Polifenol adalah anti-oksidan alami yang dapat melawan radikal bebas serta menahan beberapa penyakit. Daun pisang memang tidak disarankan untuk dikonsumsi secara langsung karena susah diolah badan. Akan tetapi saat digunakan untuk membungkus makanan, makanan di dalamnya dapat menyerap polifenol dari daun pisang. Manfaat anti-oksidan juga dapat didapat walau tidaklah terlalu berarti. 

Diluar itu daun pisang juga dipercaya memiliki kandungan antibakteri yang membunuh kuman dan bakteri pada makanan hingga kurangi resiko Anda terserang penyakit. Dengan catatan, bila daun pisang awal mulanya sudah dibikin bersih dan datang dari lingkungan yang bersih. 

2. Makanan Merasa Lebih Nikmat 
Daun pisang mempunyai susunan seperti lilin yang mempunyai aroma ciri khas. Saat makanan panas diletakkan diatas atau dalam daun itu, ‘lilin’ akan meleleh serta menebarkan aroma harum itu ke makanan. Perasaan makanan juga jadi lebih nikmat serta enak disantap. Menjadi perbandingan, lontong yang dibungkus memakai daun pisang dengan lontong yang dibungkus plastik, pasti rasa-rasanya tambah lebih enak lontong pertama. 

3. Ramah Lingkungan 
Mengemas makanan dengan wadah plastik atau styrofoam merupakan bentuk sikap tidak perduli lingkungan. Plastik serta styrofoam susah terurai oleh tanah serta memerlukan waktu sampai beberapa puluh, bahkan juga beberapa ratus tahun untuk dapat menyatu dengan bumi. Makanan yang dibungkus dalam daun pisang tambah lebih ramah lingkungan karena ringan terurai kurun waktu singkat. Cuma dalam hitungan minggu, bahkan juga hari. 

4. Lebih Aman 
Piranti makan seperti piring/mangkuk yang terbuat dari plastik, melamin atau metal butuh dicuci dengan sabun serta air. Langkah pencucian ini akan tinggalkan jejak-jejak atau residu bahan kimia apabila tidak betul-betul bersih dibasuh, akan memunculkan toksin. Sedang daun pisang cukuplah dibikin bersih lewat cara dicuci didalam air bersih, lantas dilap memakai kain bersih. Hingga makanan bebas bahan kimia.

No comments:

Post a Comment