Sunday, August 5, 2018

Apakah benar Makan Roti Bakar Bisa Menyebabkan Kanker? Begini Menurut Pakar Kesehatan

Apakah benar Makan Roti Bakar Bisa Menyebabkan Kanker? Begini Menurut Pakar Kesehatan - Tidak disangkal lagi, apakah yang kita makan begitu punya pengaruh pada kesehatan badan. Sayangnya terdapat beberapa mitos serta salah paham pada makanan yang aman serta sehat untuk dikonsumsi, dengan yang dapat memunculkan penyakit. Seperti diambil dari ABC Australia, ini empat asumsi masalah makanan yang belumlah dapat dibuktikan benar. 

Apakah benar Makan Roti Bakar Bisa Menyebabkan Kanker? Begini Menurut Pakar Kesehatan

1. Makan Roti Bakar Dapat Sebabkan Kanker 
Hal seperti ini mungkin berlangsung, karena beberapa senyawa kimia yang terdapat dalam roti panggang atau bakar ada hubungan dengan penyebab kanker. Akan tetapi belumlah ada studi yang mengusut apa orang yang seringkali makan roti panggang berisiko tambah tinggi terserang kanker. Beberapa uji coba pada tikus juga belumlah ada yang dapat menunjukkan apa roti panggang betul-betul dapat menyebabkan tumor ataupun kanker. 

Akan tetapi menurut Dr Paul Brent, seseorang ilmuwan di Food Standards Australia and New Zealand, memang benar ada beberapa senyawa kimia didalam roti panggang yang terkait dengan beberapa faktor pemicu kanker. Oleh karena itu semestinya janganlah makan roti panggang untuk sarapan atau menjadi cemilan sehari-hari. Roti yang dipanggang atau dibakar semestinya janganlah sangat gosong serta saat telah gosong, jauhi mengonsumsi sisi yang menghitam. 

2. Makan Sangat Banyak Gula Mengakibatkan Diabetes 
Mungkin saja ya, mungkin saja tidak. Tetapi beberapa pakar menyampaikan, ‘tersangka’ diabetes tidak cuma gula. Makanan apa pun, bila dikonsumsi terlalu berlebih serta membuat gemuk dapat juga menyebabkan diabetes. Penyakit ini memang karena disebabkan kebanyakan glukosa didalam badan. Tetapi Ian Caterson, profesor dari Human Nutrition di University of Sydney menjelaskan, tingginya gula dalam darah tidak selamanya dikarenakan oleh rutinitas mengkonsumsi gula terlalu berlebih. 

Diabetes dapat juga dikarenakan oleh aspek genetik serta menurut Ian, jalinan pada mengkonsumsi gula terlalu berlebih dengan penambahan resiko diabetes begitu kecil. Kenyataan yang sudah dapat dibuktikan benar, mengonsumsi kebanyakan makanan bergula akan mengakibatkan kenaikan berat tubuh. Saat seorang keunggulan berat tubuh, karena itu dia berisiko tinggi menderita diabetes type 2. Tidak cuma itu saja, terlalu berlebih makan junk food serta makanan tidak sehat yang lain juga punya potensi memunculkan diabetes. Tidak hanya karena gula. 

3. Menelan Permen Karet Dapat Menyumbat Usus 
Begitu jarang, tetapi mungkin berlangsung. Permen karet tidak ditujukan untuk ditelan karena susah diolah serta dapat tinggal di badan. Pada banyak orang, permen karet yang tertelan umumnya tidak jadi permasalahan besar karena akan melalui usus serta terbuang melalui buang air besar. Dengan catatan, bila yang tertelan cuma dikit serta ukurannya kecil. Tetapi bila Anda seringkali dengan menyengaja menelan permen karet dalam periode yang lama, bukan mustahil itu akan berkembang jadi gumpalan yang tidak tercerna serta tinggal didalam usus. 

“Jika Anda terus menerus menelan permen karet, gumpalan itu akan melekat serta dapat jadi membesar seperti bola salju, ” papar Dr Nitin Gupta, seseorang spesialis kesehatan perut di Sydney’s Children’s Hospital. 

4. Rajin Makan Wortel Dapat Sembuhkan Rabun Senja 
Mungkin, tetapi sedikit riset yang dapat memberikan bukti. Sebetulnya wortel cuma menolong menangani masalah pandangan yang dikarenakan oleh minimnya vitamin A didalam badan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan rabun senja serta permasalahan yang lain pada pandangan. Wortel, juga sayuran yang lain seperti brokoli, ubi, labu kuning serta sayuran berdaun hijau pekat memiliki kandungan senyawa kimia yang dapat dirubah jadi vitamin A didalam badan. 

Karena itu dengan rajin makan sayuran, Anda dapat menangani rabun senja yang dikarenakan oleh minimnya konsumsi vitamin A, zat besi serta zinc. Akan tetapi bila pemicu rabun jauh merupakan karena penuaan atau aspek yang lain, karena itu mengkonsumsi wortel akan tidak banyak menolong.

No comments:

Post a Comment