Sunday, August 5, 2018

Apakah Benare Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Waktu Badan Berkeringat? Yuk Cek Faktanya

Apakah Benare Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Waktu Badan Berkeringat? Yuk Cek Faktanya - Air kelapa sampai kini disebut-sebut menjadi minuman alami alternatif energy drink atau minuman ion keseimbangan cairan elektrolit didalam badan. Popularitasnya menjadi ‘minuman super’ turut di dukung beberapa selebriti seperti Miranda Kerr serta Kerry Washington, yang teratur minum air kelapa untuk detoksifikasi. 

Apakah Benare Air Kelapa Bisa Gantikan Energy Drink Waktu Badan Berkeringat? Yuk Cek Faktanya

Sebenarnya, air kelapa tidak sehebat seperti yang digembar-gemborkan sampai kini. Ahli diet asal Australia, Julie Gilbert menyampaikan, air kelapa memang minuman sehat akan tetapi kurang pas bila disebutkan menjadi ‘minuman super’ yang mempunyai banyak faedah. 

“Air kelapa mungkin saja baik untuk menghidrasi badan, tetapi bukan bermakna dia 10 atau 15 kali lebih baik daripada minuman yang lain, ” papar Julie, seperti diambil dari ABC Australia. 

Yang saat ini jadi pertanyaan, apakah benar air kelapa lebih efisien ganti cairan badan yang hilang dibanding energy drink? Jawabannya dapat ya, dapat tidak. 

Saat berkeringat, badan kehilangan cairan yang di dalamnya memiliki kandungan mineral terpenting seperti sodium, potassium, kalsium serta magnesium. Air kelapa memang mempunyai empat type mineral itu, terpenting potassium. Beberapa riset juga menunjukkan kalaupun manfaat air kelapa sama efektifnya dengan energy drink atau sports drink untuk ganti cairan sesudah berolahraga berat. 

Akan tetapi kandungan mineral yang ada pada air kelapa banyaknya sangat kecil. Dalam 100 ml atau sama dengan satu gelas air kelapa cuma memiliki kandungan 200 mg potassium. Sedang keperluan potassium orang dewasa yang direferensikan merupakan 3800 mg /hari. Jadi dapat dipikirkan berapakah gelas air kelapa murni yang perlu Anda minum untuk penuhi konsumsi potassium. 

Perlu untuk diketahui, potassium merupakan mineral yang diperlukan untuk menolong turunkan desakan darah, kurangi resiko peyakit jantung serta mengawasi kesehatan ginjal. Untuk kesehatan, Anda tentu saja akan tidak mampu minum seputar 19 gelas air kelapa sehari-hari. 

Diluar itu, kandungan sodium didalam air kelapa sangat rendah. Sodium adalah mineral terpenting yang sering hilang saat Anda berkeringat serta mesti ditukar secepat-cepatnya supaya tidak berlangsung dehidrasi. Air kelapa, tidak bisa menukar cairan yang hilang secepat yang diperlukan. 

“Potassium serta sodium adalah nutrisi yang terpenting untuk mengawasi kesetimbangan cairan badan. Bila Anda minum air yang memiliki kandungan potassium serta sodium, karena itu dapat menolong kembalikan kembali cairan yang hilang itu, ” jelas ahli nutrisi yang lain, Sharon Natoli. 

Bila pengeluaran keringat tidaklah terlalu banyak, Anda cukuplah menggantinya dengan air putih atau air kelapa bila ingin perasaan yang lebih fresh. Bahkan juga lebih dianjurkan untuk minum air putih daripada type cairan yang lain. Tetapi jika Anda seseorang atlet dengan intensitas berolahraga yang tinggi, karena itu air putih atau air kelapa saja kurang. Dianjurkan konsumsi energy drink karena kandungan mineralnya tambah lebih tinggi serta lebih cepat ganti cairan. 

Buat orang dengan kegiatan normal, keperluan potassium, sodium serta mineral yang lain tidak mesti tetap didapat dari air putih, air kelapa atau minuman ion. Dengan diet yang seimbang, konsumsi mineral dapat terpenuhi dengan baik karena beberapa macam makanan juga kaya potassium. 

“Jika Anda konsumsi lima bagian sayuran, dua bagian buah satu hari serta ditambah dua bagian gandum utuh, karena itu Anda akan memperoleh konsumsi potassium yang cukuplah untuk mengawasi kesehatan badan secara detail, ” katanya. 

Kesimpulannya, semestinya Anda bukan sekedar memercayakan air kelapa menjadi alternatif cairan badan. Juga janganlah memandang kalaupun air kelapa merupakan ‘minuman ajaib’ dengan nutrisi komplet. Masih mengkonsumsi minuman dan makanan dengan seimbang, dengan nutrisi yang disarankan.

No comments:

Post a Comment