Saturday, August 4, 2018

Apakah Wajar Jika Keputih Dialami Pada Wanita Hamil? Ini Menurut Versi Pakar

Apakah Wajar Jika Keputih Dialami Pada Wanita Hamil? Ini Menurut Versi Pakar - Waktu waktu kehamilan, badan wanita umumnya alami banyak pergantian. Pergantian ini dapat berjalan normal atau fisiologis dan pergantian abnormal atau patologis. Wanita hamil juga alami pergantian hormonal yang mengakibatkan keputihan karena rawan pada cairan vagina. Wajarkah waktu hamil masih tetap alami keputihan? 

Apakah Wajar Jika Keputih Dialami Pada Wanita Hamil? Ini Menurut Versi Pakar

Dokter spesialis kebidanan serta penyakit kandungan, M. Rezha Faisal, SpOG, menyampaikan jika lumrah tidaknya keputihan yang dihadapi wanita hamil bergantung pada tanda-tanda yang dirasakannya. “Jadi kalaupun pada wanita hamil, terpenting yang hamil muda, ada pergantian hormonal yakni muncul keputihan. Kita mesti lihat juga perubahannya yang bagaimana. Kalaupun lendirnya encer, jernih, tidak ada pergantian warna, tidak ada gatal atau perih ya itu normal serta masih tetap lumrah, ” tutur dokter Rezha saat didapati Wolipop di tempat tinggalnya, lokasi Bekasi Barat, Rabu (27/8/2014). 

Ini bermakna keputihan saat hamil termasuk juga lumrah karena pergantian hormon itu. Saat hamil saluran darah juga bertambah ke daerah kewanitaan hingga memengaruhi jumlahnya cairan vagina yang mengakibatkan keputihan. Cairan itu memiliki faedah untuk menahan infeksi yang menuju ke rahim. 

Meski begitu, tidak semua cairan vagina memberi faedah karena jika sudah terkontaminasi dengan bakteri, parasit, virus atau jamur malah akan jadi memperburuk keadaan vagina. Dr. Rezha menyampaikan, jika keputihan alami pergantian warna dibarengi dengan berbau tidak enak, perasaan gatal, serta perih, hal seperti ini mesti dicermati. 

Mungkin ada pemicu yang lainnya dari keputihan yang menganggu kesehatan. Oleh karenanya, ia merekomendasikan supaya Sebaiknya anda selekasnya pergi ke dokter jika alami tanda-tanda itu. Perlu untuk diketahui wanita hamil umumnya lebih rawan pada infeksi vagina karena kesusahan dalam bersihkan daerah kewanitaannya. 

Oleh karena itu, Anda mesti lebih rajin bersihkan vagina saat hamil. Jangan pernah keputihan jadi permasalahan serius yang akan datang. Bila Anda terasa terganggu dengan keputihan saat hamil, dokter yang biasa praktek di Rumah Sakit Pertemanan ini merekomendasikan supaya mencari obat antibiotik yang aman untuk kandungan.

No comments:

Post a Comment