Thursday, August 2, 2018

Derita penyakit langka, Wanita Ini Tidak Makan Selama 10 Tahun

Derita penyakit langka, Wanita Ini Tidak Makan Selama 10 Tahun - Sara Gebert menanggung derita penyakit yang cukuplah langka. Karena penyakitnya itu, wanita asal New Jersey itu tidak minum dan makan apa pun saat dua tahun paling akhir ini. Kalaupun makan, dia dapat memuntahkannya lagi. 

Derita penyakit langka, Wanita Ini Tidak Makan Selama 10 Tahun

Media lokal website NJ memberitakan Sara menanggung derita penyakit Chronic Intestinal Pseudo Obstruction. Ada kata ‘pseudo’ atau palsu pada penyakitnya itu karena menurut dokter, pada intinya tidak ada hal apa pun yang menghambat ususnya, cuma saja tubuhnya bereaksi seakan-akan penghambat itu ada. 

Tidak kebanyakan orang meyakini penyakit yang dihadapi oleh Sara. Ada dokter yang menduga penyakitnya itu sebetulnya cuma berada di kepalanya. “Suatu kali dokter menyampaikan padaku dia ada untuk membantuku menangani permasalahan kepura-puraan, ” katanya. 

Apakah yang menghambat Sara untuk minum dan makan itu mungkin saja memang tidak ada. Akan tetapi menurut dia, perasaan sakit yang dirasakannya begitu riil. “Mereka semestinya dengarkan saya serta keluargaku semenjak awal. Kalaupun saja mereka yakin begitu buruknya hal seperti ini, mereka dapat membuatnya jadi lebih baik semenjak awal, ” kata wanita berumur 19 tahun itu. 

Tanda-tanda awal yang dihadapi Sara merupakan dia terasa sakit perut yang teramat begitu. Sakit perut itu lalu menyebabknya muntah sampai 60 kali dalam satu hari, walaupun waktu itu dia tidak minum dan makan apa pun. 

Sara juga dirawat didalam rumah sakit saat beberapa minggu sebelum pada akhirnya mendapatkan diagnosis yang pas. Dokter tidaklah terlalu meyakini bagaimana dia dapat menanggung derita penyakit itu. Tetapi mungkin saja hal tersebut karena virus menyerang skema saraf pencernaannya. 

Tidak minum dan makan saat dua tahun, Sara tentunya masih rasakan lapar serta haus. Dia memperoleh nutrisi untuk dianya lewat selang yang dimasukkan ke pembuluh darahnya. Jalan keluar ini tidak laku untuk periode panjang. Dia selalu berisiko alami infeksi karena bakteri tidak ingin pergi dari skema pencernaannya. 

Sara adalah satu dari 150 orang didunia yang didiagnosa atas penyakit langka ini. Untuk menangani penyakitnya dia mungkin memperoleh transplantasi multivisceral yakni untuk hati, perut, pankreas serta usus dua belas jari. Akan tetapi sekarang ini prosedur itu masih tetap begitu hanya terbatas untuk dikerjakan.

No comments:

Post a Comment