Sunday, August 5, 2018

Efektifkah Jemur Kasur di Bawah Cahaya Matahari untuk Bunuh Kuman? Yuk Cek Penjelasan Ahli Kesehatan

Efektifkah Jemur Kasur di Bawah Cahaya Matahari untuk Bunuh Kuman? Yuk Cek Penjelasan Ahli Kesehatan - Menjemur kasur atau karpet dibawah teriknya matahari dipercaya dapat membunuh kuman, bakteri atau kutu yang bersarang di serat-serat kainnya. Akan tetapi nyatanya menjemur saja kurang untuk terlepas dari masalah kesehatan.  

Efektifkah Jemur Kasur di Bawah Cahaya Matahari untuk Bunuh Kuman? Yuk Cek Penjelasan Ahli Kesehatan

Kutu atau kuman pada kasur atau karpet memang dapat mati lewat cara dijemur, akan tetapi kurang efisien untuk terlepas dari reaksi alergi yang ditimbulkannya. Seperti diambil dari ABC Australia, kutu serta kuman adalah salah satunya penyebab tanda-tanda alergi sangat umum. Kutu, seperti hewan yang lain keluarkan kotoran, cairan juga bagian-bagian tubuhnya ada semacam protein yang dapat memunculkan alergi. 

Waktu kotoran serta cairan dari kutu tentang permukaan kasur, bantal atau karpet, residunya masih ketinggalan serta susah hilang bila cuma menjemurnya dibawah cahaya matahari. Periset mengenai alergi Dr Euan Tovey dari Sydney University juga mengatakan, cara itu bukan hanya satu jalan keluar untuk bersihkan piranti rumah Anda dari debu serta kuman dengan keseluruhan. 

Ia mengutarakan, menjemur karpet, kasur atau bantal saat tiga jam cukuplah efisien membunuh semua kutu serta kuman. Tetapi tidak singkirkan allergen-nya (penyebab alergi). 

“Hanya membunuh kutunya saja tidak dapat menghilangkan resiko terserang alergi. Jadi Anda harus juga singkirkan allergen-nya, ” tutur Dr Euan. 

Dia merekomendasikan untuk membersihkan karpet dengan sabun serta air minimum satu atau 2x satu tahun. Gosok-gosok permukaannya sampai bersih, basuh dengan air lantas jemur sepanjang hari. 

Dr Tovey menyampaikan, allergen merupakan intisari yang begitu gampang larut di air. Jadi untuk pastikan Anda bersihkan dengan selesai residu yang dibiarkan kutu dan kuman, cuci memakai air hangat serta deterjen. Langkah tersebut akan singkirkan penyebab alergi sampai 97 % dari perlengkapan Anda. 

Sesaat untuk kasur, membersihkannya memang sedikit susah serta memerlukan waktu sepanjang hari. Tetapi dapat dikerjakan lewat cara yang sama dengan pada karpet. Supaya tidak mesti mencucinya satu tahun sekali, Anda dapat menempatkan pelindung matras yang dapat dibeli di toko penyedia piranti rumah tangga.

No comments:

Post a Comment