Thursday, August 2, 2018

Fakta Menarik Buah Merah Serta Kemanfaatannya Untuk Kesehatan, Buah Asal Tanah Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan

Fakta Menarik Buah Merah Serta Kemanfaatannya Untuk Kesehatan,  Buah Asal Tanah Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan - Papua adalah salah satunya propinsi di Indonesia yang kaya beberapa type tanaman. Ada tidak kurang dari 16 ribu spesies tanaman yang tumbuh di Tanah Papua, serta yang sekarang cukuplah popular karena khasiatnya merupakan Buah Merah. 

Fakta Menarik Buah Merah Serta Kemanfaatannya Untuk Kesehatan,  Buah Asal Tanah Papua dengan 3 Tingkat Antioksidan

Buah Merah, atau bhs latinnya Pandanus Conoideus merupakan semacam buah tradisionil Papua. Termasuk juga ke grup tanaman pandan-pandanan karena pohon serta daunnya mirip pandan, akan tetapi mempunyai buah berupa lonjong dengan kuncup tertutup daun. Waktu masak, buah ini akan berwarna merah marun serta oleh karena itu diberi nama Buah Merah. 

Pandanus conoideus termasuk juga dalam grup superfruit, yakni sebutan untuk buah-buahan yang dengan alami mempunyai kandungan vitamin, mineral serta tinggi anti-oksidan. Manfaat utamanya merupakan membuat perlindungan badan dari serangan radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan sel. Acai Berry, apel, blueberry, cherry, citrus, cranberry serta buah naga adalah beberapa buah yang masuk dalam kelompok ini. 

“Tanaman ini menghasilkan beberapa zat sebagai seperti senjata untuk menolong badan membuat perlindungan diri. Ada tiga tingkatan anti-oksidan didalam buah ini ; primer, sekunder serta tersier, ” tutur Dr. I Nyoman Artha, periset serta kepala Center for Beverages sisi Cluster Life Sciences and Food Technology Surya University, Tangerang, Banten di lokasi Thamrin, Jakarta Pusat, waktu lalu. 

Anti-oksidan primer merupakan anti-oksidan yang bisa bereaksi dengan radikal bebas atau mengubah jadi bentuk yang konstan. I Nyoman menuturkan, demikian dikonsumsi dampak anti-oksidan ini secara langsung ke sel badan. 

Sesaat anti-oksidan sekunder mempunyai manfaat preventif yang menahan terjadinya rusaknya sel. “Antioksidan sekunder misalnya karotenoid yang baik untuk kecantikan kulit, ” tutur Dr. Martin Tjahjono, Head of Technopreneurship Department and Director of Center for Technopreneurship and Innovation dari Surya University. 

Yang ke-3, anti-oksidan tersier berperan melakukan perbaikan rusaknya sel serta jaringan yang dikarenakan oleh radikal bebas. Flavonoid, ozon serta tokoferol termasuk juga ke grup anti-oksidan type ini. 

“Jadi anti-oksidan primer untuk memeliharan kesehatan, sekunder untuk mencegah serta tersier melakukan perbaikan dari dalam. Komplet sekali, ” papar I Nyoman. 

Penduduk Papua umum konsumsi buah ini untuk mengawasi kesehatan serta stamina badan, karena cuaca serta suhu disana yang cukuplah berlebihan. Waktu siang, suhu dapat begitu panas akan tetapi pada malam harinya jadi begitu dingin. Jika diminum dapat membuat badan tambah energi, tingkatkan ketahanan serta beri kesegaran kembali badan yang letih. Beberapa penelitian di kampus lainnya juga tunjukkan kalaupun buah merah ciri khas Papua dapat memudahkan tanda-tanda stroke dan turunkan cholesterol karena kandungan tokoferolnya.

No comments:

Post a Comment