Sunday, August 5, 2018

Harus Pakai Apalagi Jika Sunscreen Saja Tak Cukup Mencegah Kanker Kulit? Ini Kata Ahli Kesehatan

Harus Pakai Apalagi Jika Sunscreen Saja Tak Cukup Mencegah Kanker Kulit? Ini Kata Ahli Kesehatan - Salah satunya rutinitas yang dapat perlambat penuaan awal pada kulit yaitu dengan menggunakan sunscreen dengan teratur. Saat tengah ada diluar ruang serta cahaya matahari tengah begitu terik, sunscreen diakui bisa mencegah cahaya ultraviolet yang bisa mengakibatkan gangguan-ganguan seperti kulit cepat keriput, terbakar sampai penyakit kanker seperti melanoma. 

Harus Pakai Apalagi Jika Sunscreen Saja Tak Cukup Mencegah Kanker Kulit? Ini Kata Ahli Kesehatan

Beberapa pakar juga mengatakan meskipun sinar matahari tengah tidak begitu menusuk, sunscreen masih diperlukan karena sinarnya masih tetap dapat membahayakan kulit kita. Produk ini juga jadi hanya satu item yang sangat dihandalkan untuk mencegah bahaya cahaya jahat. Akan tetapi bagaimana bila nyatanya sunscreen saja tidak cukuplah membuat perlindungan kulit dari penyakit melanoma? 

Diambil dari website BBC, suatu studi paling baru yang dikerjakan oleh beberapa ilmuwan di University of Manchester, Inggris, mengatakan jika cream pelindung cahaya matahari saja kelihatannya tidak dapat seutuhnya menepis kemungkinan kanker kulit melanoma. Riset ini diujikan pada pada beberapa tikus yang sudah diuraikan cahaya ultraviolet pemicu penyakit yang diikuti oleh timbulnya tahi lalat abnormal itu. 

Akhirnya beberapa periset menyimpulkan jika produk sunscreen dapat dibuktikan tidak bisa memberi perlindungan penuh. Dalam kata lainnya, kulit juga masih tetap memiliki resiko untuk terkangkit kanker walau sudah teratur memoleskan sunscreen saat beberapa saat sekali. 

“Penelitian ini meningkatkan bukti jika sunscreen memang mempunyai peranan terpenting, akan tetapi semestinya janganlah cuma memercayakan produk ini membuat perlindungan kulit, ” tutur Dr Julie Sharp sebagai kepala info Cancer Research UK. 

Lantas, item apakah lagi yang perlu diterapkan untuk hindari kemungkinan melanoma? Nyatanya tidak perlu produk kecantikan mahal menjadi penambahan perlindungan. Cukup hanya kenakan kaus atau baju penambahan yang tutup kulit, topi, dan kacamata hitam. Simpel saja, kan? 

“Penelitian ini dapat menyoroti pentingnya memadukan sunscreen dengan startegi lainnya membuat perlindungan kulit, seperti memakai topi serta baju yang longgar dan pakailah kacamata hitam saat matahari tengah terik-teriknya. ” jelas pada riset, Prof. Richard Marais.

No comments:

Post a Comment