Sunday, August 5, 2018

Hati-Hati! Inilah 10 Teknik Kesalahan Waktu Bersihkan Ayam Mentah yang Bisa Menyebabkan Keracunan

Hati-Hati! Inilah 10 Teknik Kesalahan Waktu Bersihkan Ayam Mentah yang Bisa Menyebabkan Keracunan - Sebelum memasaknya, orang terlatih bersihkan ayam dengan mencucinya memakai air mentah. Seputar 60 % orang mengaku membersihkan ayam serta memandang cara itu benar untuk mengawasi keamanan masakan. 

Hati-Hati! Inilah 10 Teknik Kesalahan Waktu Bersihkan Ayam Mentah yang Bisa Menyebabkan Keracunan

Langkah tersebut nyatanya salah serta bukan membuatnya jadi bersih, malah mengakibatkan keracunan makanan. Membersihkan ayam dengan air mentah dapat memunculkan penyebaran campylobacter di seputar ruang dapur dari percikan air yang dipakai. 

Campylobacter adalah bakteri pemicu keracunan makanan serta sejumlah besar datang dari daging ayam yang telah terkontaminasi. Tanda-tanda keracunan makanan dari mulai sakit perut, diare yang terus-terusan sampai muntah-muntah. 

Membersihkan ayam sebelum memasaknya dapat sebarkan bakteri itu ke tangan, permukaan meja kitchen set, baju yang dipakai waktu pencucian serta perlengkapan masak. Walau beberapa orang yang cukup sudah siaga pada penyebaran kuman dengan membersihkan tangan mereka memakai sabun sesudah menyentuh ayam, tetapi cara tersebut saja tidak cukuplah efisien mencegahnya. 

Instansi Food Standards Agency di Inggris menghimbau orang untuk berhenti lakukan pencucian ayam dengan air mentah, begitupun dengan Food Safety Information Council di Australia. Juliana Madden, salah satunya anggota konsil menyampaikan sebetulnya ayam tak perlu dicuci. 

“Cara itu sebetulnya semakin banyak negatifnya dibanding positifnya. Bukan sekedar kuman campylobacter, tetapi salmonella dapat juga menebar. Umumnya salmonella melekat pada bulu ayam, ” tutur Juliana, seperti diambil dari ABC Australia. 

Lantas bagaimanakah cara yang benar bersihkan serta memasak ayam supaya tidak jadi makanan beracun? Pertama, tentunya tidak mencucinya dengan air mentah. Bila masih ingin dicuci, semestinya pakai air masak. 

Bersihkan tangan memakai air serta sabun, sebelum serta sesudah menyentuh daging ayam mentah. Pakai talenan serta pisau yang berlainan pada untuk memotong daging sapi dan ayam dengan sayuran serta buah-buahan. Ayam mesti dibuat dengan temperatur minimum 73, 9 derajat Celcius. 

Sesudah beli ayam di pasar atau supermarket, cepatlah menyimpannya didalam freezer serta diamkan saat satu jam sebelum dibuat. Taruh didalam tempat tertutup serta kedap hawa, dan simpan dibagian sangat bawah freezer untuk menahan air menetes ke makanan lainnya.

No comments:

Post a Comment