Monday, August 6, 2018

Hati-Hati! Ternyata Pemakaian Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Langkah Mencegahnya

Hati-Hati! Ternyata Pemakaian Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Langkah Mencegahnya - Pemakaian tisu waktu flu atau pilek sampai kini dipandang seperti salah satunya langkah untuk menahan penyebaran virus pemicu penyakit itu yang lebih baik dibanding sapu tangan. Akan tetapi bila memakainya lewat cara yang salah atau tisu yang Anda pakai tidak steril malah bisa memberi efek jelek buat kesehatan. 

Hati-Hati! Ternyata Pemakaian Tisu Bisa Sebarkan Virus Flu, Ini Langkah Mencegahnya

Beberapa pakar kesehatan menyampaikan jika tisu adalah pilihan yang sangat higienis karena cuma sekali penggunaan. Akan tetapi nyatanya terdapat beberapa orang yang memakai tisu sampai berkali-kali seperti sapu tangan. Rutinitas jelek ini dapat membuat virus menebar serta menyebar pada seorang lainnya, juga membuat penyakit flu makin bertambah kronis. 

Saat Anda tempelkan tisu ke hidung lantas keluarkan sekresi lendir yang dipenuhi virus pemicu flu, karena itu virus itu akan melekat pada tisu. Virus itu akan bertahan dalam periode waktu lumayan lama. Profesor Ron Eccles, direktur Common Cold Research Centre di Cardiff University Inggris menyampaikan, virus pada sapu tangan atau tisu dapat bertahan hidup saat berjam-jam. Saat tisu bersentuhan dengan tangan, automatis tangan Anda bisa menjadi ‘perantara’ dalam sebarkan virus ke orang yang lain. 

Diterangkan Profesor Jack Gwaltney dari Emeritus Professor of Medicine di University of Virginia Medical School, Amerika Serikat, ada lebih dari 200 virus yang bisa mengakibatkan flu diantaranya Rhinovirus. Virus ini cukuplah beresiko karena mempunyai protein yang berperan seperti ‘mantel’ hingga dia dapat bertahan hidup lumayan lama. Ia juga memprediksi virus ini dapat hidup sampai tiga hari diluar badan manusia. 

“Ia bahkan juga bisa bertahan di makanan yang kering, pasti bisa dipikirkan jika virus ini dapat juga bertahan dalam sapu tangan atau tisu yang Anda pakai, ” tutur Profesor Jack, seperti diambil dari ABC Australia. 

Cairan hidung bisa dengan gampang sebarkan virus itu, diantaranya dengan kontak secara langsung lewat kulit. Pencemarannya juga dapat lewat beberapa benda yang disentuh seperti tombol lampu, kenop pintu, telephone, mainan anak-anak, keyboard computer sampai uang. Yang lebih mencemaskan lagi, virus itu bukan sekedar dapat menyebar hanya pada hidung tetapi juga lewat saliran air mata. 

Oleh karenanya waktu Anda flu, atau ada di dekat orang yang terserang flu semestinya lebih waspada. Langkah gampang untuk menghilangkan virus Rhinoflu yang ada di tisu atau sapu tangan yaitu dengan membersihkan tangan memakai sabun serta air. Beberapa pakar menyampaikan dengan membersihkan tangan sesudah menyentuh tisu yang dipakai, merupakan langkah yang pas supaya terlepas dari serangan virus. 

“Mencuci tangan serta memakai sabun akan meniadakan virus dengan efisien serta lebih baik, ” tutur Jack. 

Ia juga memberikan bila Anda memang seringkali memakai tisu atau sapu tangan dalam pekerjaan keseharian, yakinkan sekerap mungkin saja membersihkan tangan dengan teratur. Bila tidak sudah sempat membersihkan tangan coba pakai benda yang berbasiskan alkohol. Beberapa riset tunjukkan jika alkohol bisa membunuh bakteri serta virus dengan efisien, akan tetapi semestinya tidak terus-terusan karena bisa membuat kulit kering serta membunuh bakteri baik di permukaan kulit.

No comments:

Post a Comment