Sunday, August 5, 2018

Ingin Tubuh Tetap Fit Dan Bugar Waktu Puasa? Inilah 20 Pola Makan yang Wajib Diperhatikan Ketika Sahur

Ingin Tubuh Tetap Fit Dan Bugar Waktu Puasa? Inilah 20 Pola Makan yang Wajib Diperhatikan Ketika Sahur - Waktu puasa, Anda juga masih dapat menggerakkan diet sehat. Bukan sekedar alur makan waktu berbuka puasa saja yang perlu ditata. Waktu sahur, Anda juga butuh memerhatikan konsumsi makanan. 

Ingin Tubuh Tetap Fit Dan Bugar Waktu Puasa? Inilah 20 Pola Makan yang Wajib Diperhatikan Ketika Sahur

Alur makan yang digerakkan dengan benar waktu puasa, karena itu dapat menolong Anda untuk mengawasi berat badan, bahkan juga turunkan jumlahnya lemak. Ini makanan yang disarankan dikonsumsi waktu sahur dari ahli gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS. 

1. Janganlah Berlebihan 
Sama dengan waktu berbuka, saat sahur juga tidak disarankan untuk makan kebanyakan. Menurut Dr. Hardinsyah, dengan fisiologis badan tidak dapat terima makanan banyak. “Misalnya makan malam jam 7 atau 8 selalu bangun sahur jam 2. Saat 4-5 jam sebetulnya makan malam masih tetap diolah. Perut masih tetap merasa kenyang. Kalaupun dipaksakan makan banyak tidak baik juga, ” tutur ahli gizi lulusan Queensland University, Australia itu waktu terlibat perbincangan dengan Wolipop melalui telephone, Kamis (10/7/2014). 

2. Makan Sayur 
Waktu sahur, pilih makanan yang seimbang. Pakar gizi yang akrab dipanggil Hardin itu merekomendasikan untuk semakin banyak makan sayur-sayuran karena waktu puasa badan terpenting memperoleh konsumsi serat. “Kalau kita karbonya dari serat serta sayur, gula darah naiknya perlahan turunnya juga perlahan. Stamina lebih menjadi tambah lama, ” tutur dokter Hardin. 

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia itu juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan dengan seimbang. “Setengah piring nasi, semangkok sayur, satu potong lauk serta mengakhiri satu atau dua type buah, ” lebih dokter Hardin. 

3. Dua Gelas Air Putih 
Sesudah makan, janganlah lupa minum dua gelas air putih. Menurut Dr. Hardin, air putih begitu terpenting untuk dikonsusi waktu sahur untuk hindari dari perasaan lemas. “Kalau tidak sudah sempat sahur asal minum dua gelas air masih tetap dapat bertahan. Demikian sebaliknya kalaupun orang makan tetapi tidak minum cocok sahur tentu lemas. Dia tidak lapar tetapi lemas. Air terpenting untuk lakukan proses pencernaan serta manfaat badan, ” jelas Guru Besar Departemen Gizi Fakultas Ekologi Manusia di Institut Pertanian Bogor itu. 

4. Tidak Dianjurkan Minum Teh Manis 
Minum teh manis waktu sahur tidak disarankan karena dapat mengakibatkan gula darah cepat naik, akan tetapi juga cepat turun. Hal itu dapat punya pengaruh pada keadaan fisik Anda yang cepat lemas. “Kalau makan karbohidratnya banyak semestinya tidak butuh lagi teh manis, ” anjurnya.

No comments:

Post a Comment