Tuesday, August 7, 2018

Inilah 20 Pemicu Utama Nyeri Perut Waktu Haid dari yang Normal Sampai Beresiko

Inilah 20 Pemicu Utama Nyeri Perut Waktu Haid dari yang Normal Sampai Beresiko - Waktu haid sering wanita rasakan ngilu di seputar perut. Hal itu sebetulnya normal, akan tetapi bila Anda rasakan sakit yang terlalu berlebih sampai susah melakukan aktivitas, semestinya Anda mulai berprasangka buruk. Mungkin Anda mempunyai permasalahan menstruasi yang tidak normal. Ini faktor-faktor pemicu sakit waktu menstruasi, seperti diambil dari Refinery 29. 

Inilah 20 Pemicu Utama Nyeri Perut Waktu Haid dari yang Normal Sampai Beresiko

1. Kram 
Hampir semua wanita alami kram pada perut waktu menstruasi serta umumnya muncul sebentar sebelum atau hari pertama haid. Kram umumnya berjalan satu sampai tiga hari, sebabnya karena kontraksi pada rahim. Bila kontraksi pada rahim sangat intensif, dapat menggerakkan pembuluh darah mengakibatkan supply oksigen ke jaringan otot rahim terhalang serta timbullah perasaan kram yang mengganggu. 

“Wanita muda yang baru hadir bulan mungkin saja semakin lebih peka rasakan kram perut, karena rahim mereka lebih kecil dibanding wanita umur dewasa yang mungkin saja sempat hamil awal mulanya, ” tutur dr. Vanessa Cullins, vice president eksternal medical affairs di Planned Parenthood Federation of America, seperti diambil dari Refinery 29. 

Dr. Cullins merekomendasikan untuk kurangi kram perut dengan mandi air hangat, mengompres perut dengan kantung air panas serta istirahat sesaat. Kram perut dapat juga diatasi dengan kegiatan fisik seperti berolahraga atau fitnes. Tetapi bila kram tidak tertahankan, konsultasilah ke dokter serta umumnya Anda akan dikasihkan resep ibuprofen untuk menurunkan perasaan sakitnya. 

2. Endometriosis 
Endometriosis jadi salah satunya pemicu utama munculnya perasaan sakit di perut saat menstruasi. Keadaan ini umumnya berlangsung saat endometrium (jaringan di selama garis uterus atau rahim) tumbuh keluar uterus. Sinyal sangat umum terjadinya endometriosis merupakan perasaan sakit yang tidak tertahankan. Bila Anda meresakan sakit yang intensif serta tajam setiap saat haid, karena itu semestinya periksakan ke dokter kandungan untuk tahu apa mesti dikerjakan penyembuhan selanjutnya. 

3. Fibroid 
Fibroid adalah type tumor jinak yang tumbuh pada dinding uterus, serta umumnya cukuplah umum dihadapi wanita. Seputar 30 % wanita di umur 30 ke atas sering alami Fibroid, akan tetapi sampai sekarang sebabnya belumlah di ketahui dengan jelas. Umumnya diikuti dengan pendarahan cukuplah banyak di rahim. Bila tumor ada cukuplah dekat dengan susunan rahim atau menghalangi peredaran darah ke susunan itu, alan memunculkan perasaan sakit yang tidak diduga, berkelanjutan sampai bercak. 

Fibroid tidak selamanya membahayakan, tetapi beberapa studi temukan kalaupun tumor jinak ini dapat merubah kesuburan serta punya potensi mengakibatkan keguguran. Bila Anda alami sakit berkelanjutan atau darah mens keluar semakin banyak dari umumnya, tanyakan dengan dokter kandungan untuk dicheck. 

4. PID 
PID merupakan kepanjangan dari Pelvic Inflammatory Disease, yakni infeksi pada organ resproduksi wanita yang biasanya dikarenakan oleh penyakit kelamin menyebar yang tidak secara langsung diatasi. Tetapi juga bisa karena infeksi yang bukan dikarenakan oleh hubungan seks. Bahayanya, wanita tidak selamanya tahu kalaupun mereka alami PID karena gejalanya umumnya tidaklah terlalu tampak. Tetapi dapat beresiko bila infeksi dilewatkan kelamaan serta mengakibatkan wanita dapat kesusahan hamil. PID sering memunculkan perasaan sakit waktu menstruasi, tetapi intensitasnya tidaklah terlalu tinggi daripada endometriosis atau fibroid.

No comments:

Post a Comment