Sunday, August 5, 2018

Inilah 50 Buah-Buahan Yang Memiliki kandungan Vitamin C Super Tinggi dan Paling Banyak Kemanfaatannya

Inilah 50 Buah-Buahan Yang Memiliki kandungan Vitamin C Super Tinggi dan Paling Banyak Kemanfaatannya - Vitamin C adalah anti-oksidan yang baik untuk menahan radikal bebas, tingkatkan ketahanan badan serta menahan beberapa penyakit. Vitamin ini dapat bermanfaat percantik kulit dan menahan gusi berdarah. 

Inilah 50 Buah-Buahan Yang Memiliki kandungan Vitamin C Super Tinggi dan Paling Banyak Kemanfaatannya

Begitu disarankan untuk memenuhi keperluan vitamin C, yakni sekitar 75 mg per harinya. Sayangnya badan tidak dapat menghasilkan sendiri vitamin C, tetapi mesti diasup dari luar. 

Sumber vitamin C terdapat banyak pada buah-buahan seperti nanas, mangga, jeruk, anggur serta kiwi. Dari semua buah yang dijelaskan, kiwi adalah buah yang cukuplah banyak kandungan vitamin C-nya. Pada type kiwi berwarna hijau contohnya, memiliki kandungan 85 mg vitamin C per 100 gram-nya. Kandungan vitamin C dapat tambah tinggi lagi pada kiwi type Gold serta Sungold, yakni semasing sekitar 105, 4 mg serta 161, 3 mg per 100 gr. 

Menjadi perbandingan, mangga mempunyai 27, 7 mg kandungan vitamin C sesaat nanas 47, 8 mg. Jeruk yang diketahui menjadi buah kaya vitamin C memiliki kandungan lebih dikit dari kiwi hijau, yakni 53, 2 mg. Sedang buah-buahan yang lain seperti anggur, pir, apel, semangka serta pisang semasing dibawah 10 mg. 

Kandungan vitamin C pada tubuh begitu gampang alami penurunan karena sifatnya yang larut air. Oleh karena itu dianjurkan konsumsi vitamin C dari makanan yang dapat meredamnya lebih lama didalam badan. 

Pakar nutrisi Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, Sp. GK merekomendasikan untuk konsumsi kiwi, optimal dua buah sehari-harinya karena buah ciri khas New Zealand ini mempunyai kandungan vitamin C yang termasuk tertinggi diantara buah yang lain. Diluar itu konsumsi vitamin C dari buah kiwi dapat juga tingkatkan kandungan vitamin yang tambah tinggi dalam beberapa jaringan bila dibanding dengan mengkonsumsi dari suplemen atau pil vitamin C.  

“Kiwi lebih bertahan lama vitamin C-nya daripada pil suplemen serta buah lainnya, ” tutur dokter gizi yang biasa dipanggil Fias ini, waktu acara peluncuran kampanye ‘Feel the Power of the Sun’ yang diselenggarakan Zespri di Rumah Ranadi, lokasi Cilandak Timur, Jakarta Selatan, Senin (2/06/2014). 

Konsumsi vitamin C dalam dosis yang tinggi, saat itu berasal berbahan alami seperti buah serta sayur termasuk aman. Dari keperluan per harinya yang cuma 75 mg, jika Anda mengonsumsi vitamin C lebih dari itu contohnya 100-500 mg, karena itu keunggulan dosisnya akan keluar lewat air contohnya urin serta keringat. 

“Vitamin C larut air jadi kalaupun dikonsumsi terlalu berlebih akan keluar melalui air juga. Pada buah-buahan, kandungan vitamin C-nya ada 500-1000 gr, ” jelas dokter lulusan Fakultas Kedokteran Kampus Indonesia ini.

No comments:

Post a Comment