Sunday, August 5, 2018

Kenapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur? Ternyata Begini Alasan Menurut Pakar Kesehatan

Kenapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur? Ternyata Begini Alasan Menurut Pakar Kesehatan - Sebagian orang telah terlatih minum teh pagi serta malam. Waktu Ramadan, kebiasaan minum teh itu juga dikerjakan saat sahur ataupun berbuka puasa. Akan tetapi sebetulnya teh manis tidak disarankan untuk sahur. Kenapa? 

Kenapa Teh Manis Tidak Dianjurkan untuk Sahur? Ternyata Begini Alasan Menurut Pakar Kesehatan

Menurut dr. Johannes Chandrawinata, SpKG., teh manis tidaklah terlalu baik dikonsumsi waktu sahur. “Buka puasa minum teh manis bisa kalaupun tidak ada makanan manis jadi buat alternatif makanan manis. Kalaupun waktu sahur, kebanyakan gula kelak rasa-rasanya justru haus, ” papar dr. Johannes waktu dihubungi Wolipop, Kamis (10/7/2014). 

dr. Johannes meneruskan, dibanding minum teh manis lebih baik ditukar juice fresh tanpa gula tetapi optimal 150 cc atau 3/4 gelas memiliki ukuran besar. Akan tetapi jauhi mengkonsumsinya terlalu berlebih karena bila Anda minum juice kebanyakan bisa tingkatkan trigliserda (lemak darah). Lemak darah yang sangat tinggi bisa mengakibatkan beberapa penyakit seperti diabetes, cholesterol, sampai jantung. 

Pria lulusan S2 di Deakin University, Melbourne, ini dapat menyarankan supaya minum air putih sehari-hari minimum dua liter. Saat puasa, minumlah dua gelas di waktu sahur serta berbuka, dan empat gelas sesudah salat Magrib. 

Air putih memang lebih baik dikonsumsi dibanding teh manis. Hal itu juga disadari oleh ahli gizi serta nutrisi, Prof. Dr. Hardinsyah, MS. Pria yang sering dipanggil Hardin ini menjelaskan kalaupun masih ingin minum teh manis saat sahur mesti memerhatikan konsumsi makanan Anda. 

Bila Anda telah konsumsi nasi serta makanan lainnya yang memiliki kandungan karbohidrat semestinya tak perlu minum teh manis. Kebanyakan gula pada pagi hari dapat tingkatkan gula darah terpenting buat orang yang tidak terlatih minum teh. Hal seperti ini bisa membuat badan jadi lemas. 

“Kalau orang tidak biasa minum teh manis semestinya janganlah karena gula darah akan cepat naik cepat juga turunnya, mengakibatkan badan lemas. Yang terpenting banyak makan sayur memiliki serat. Kalaupun kita karbonya dari serat serta sayur, naiknya perlahan turunnya juga perlahan. Staminanya lebih lama, ” tandas University of Queensland, Australia ini diakhir pembicaraan.

No comments:

Post a Comment