Thursday, August 2, 2018

Ketahui Dulu Sejarah Asal-Usulnya Sebelum Mencoba Yoga

Ketahui Dulu Sejarah Asal-Usulnya Sebelum Mencoba Yoga - Riset mengenai yoga dikerjakan lebih dari satu era. Walau demikian ada banyak misteri yang belumlah terkuak mengenai awal hadirnya yoga. Yang di ketahui publik, yoga datang dari India seputar lima ribu tahun kemarin. 

Ketahui Dulu Sejarah Asal-Usulnya Sebelum Mencoba Yoga

Sampai saat ini, banyak sarjana barat berfikir yoga berasal jauh sebelum itu, mungkin seputar 500 Yang lalu Masehi. Itu merupakan waktu Buddha Gautama, sang pendiri agama Buddha. 

Akan tetapi lalu, di awalnya tahun 1920-an, beberapa arkeolog mengagetkan dunia dengan penemuan yang dikatakan sebagai peradaban budaya Indus. Suatu peradaban diatas tempat seluas 300 ribu mil persegi. 

Itu merupakan peradaban paling besar di awalnya jaman kuno. Dibawah puing-puing kota-kota besar Mohenjo Daro serta Harappa, mesin eskavator temukan gambar ukiran tokoh mirip yogi pada cap batu. 

Banyak temuan lainnya yang tunjukkan kelangsungan mengagumkan pada peradaban itu, dan pada penduduk serta budaya Hindu. 

Tidak ada yang primitif dari peradaban yang sekarang ini dikatakan sebagai Indus-Sarasvati ini, dinamakan dari dua sungai besar mengalir di India sisi Timur. 

Populasi Indus-Sarasvati merupakan peradaban yang nikmati bangunan bertingkat, skema pembuangan sampah moderen yang tidak dapat ditandingi dari mulai waktu dunia kuno sampai kekaisaran Romawi, pemandian umum besar dari aspal, tata jalan geometris dari bata, dan batu-bata standard panggang untuk kenyamanan konstruksi bangunan. 

Mengeringnya Sungai Sarasvati seputar 1900 SM membawa konsekuensi. Kematian Sungai Sarasvati memaksa masyarakat bermigrasi ke sisi yang lebih subur di negeri Hindustan, terpenting sisi timur menuju Sungai Gangga. Akan tetapi kenapa histori itu terpenting buat yoga? 

Yoga merupakan produk suatu peradaban masak tidak tertandingi didunia kuno. Yoga tradisionil memberi jawaban dapat diterima akal atas pertanyan mendalam, seperti “Siapa saya”, “Dari mana saya datang”, “Kemana saya pergi? ”, serta “Apa yang perlu saya kerjakan? ” 

Itu merupakan type pertanyaan, jika lambat atau cepat kita semua selesai menanyakan pada diri pribadi. Sekurang-kurangnya, mempunyai jawaban implisit atas diri pribadi. Jauh didalam, kita semua filsuf butuh mengerti hidup. 

Histori yoga 

Histori yoga dibagi ke empat kelompok besar besar yaitu Yoga Veda, Yoga Praklasik, Yoga Classic, serta Yoga Posklasikal. Kelompok ini sebenarnya berjalan selalu seperti suatu pawai histori. 

1. Yoga Veda 

Ajaran yoga diketemukan diatas Rig Veda, serta tiga hymnodis yang diketahui menjadi Yoga Veda. Dalam bhs Sanskerta veda bermakna pengetahuan, sedang rig dalam arti Sankserta (dari ric) yang bermakna pujian. Jadi Rig-Ved merupakan himpunan himne yang memberikan pujian pada kemampuan yang tambah tinggi. 

Tiga hymnodies Veda yang lain merupakan Yajur-Veda (pengetahuan mengenai pengorbanan), Sama-Veda (pengetahuan mengenai Chants), serta Atharva-Veda (pengetahuan mengenai Atharvan). 

Hymnody ke-3 berisi mantra-mantra magis, tetapi juga meliputi beberapa himne filsofis. 

Yoga Veda yang dimaksud Archaic Yoga, erat dengan ritual India kuno. Ini merupakan ide pengorbanan yang bermakna memadukan dunia material dengan dunia roh yang tidak tampak. 

Supaya ritual sukses, beberapa pengorban mesti bisa fokus pikiran mereka untuk periode waktu lama. Konsentrasi melebihi terbatasnya pikiran umum merupakan akar dari yoga. 

Bila sukses, yogi veda diberkati dengan suatu daya lihat atau pengalaman kenyataan transendental. Guru besar yoga veda dimaksud ‘pelihat’ dalam resi Sansekerta. 

2. Yoga Praklasikal 

Kelompok ini mencakup periode waktu luas seputar dua ribu tahun sampai era ke-2 Masehi. Yoga praklasikal hadir dalam beberapa bentuk serta samaran. Manifestasi awal masih tetap terkait erat dengan budaya kurban Veda, seperti yang di kembangkan oleh Brahmana serta Aranyaka. 

Brahmana merupakan teks Sansekerta yang menuturkan himne Weda serta ritual di belakangnya. Sesaat, Aranyaka merupakan teks ritual buat mereka yang pilih tinggal di pengasingan menjadi pertapa rimba. 

Yoga hadir dengan sendirinya dengan Upanishad, yaitu teks-teks gnostik yang menguraikan ajaran tersembunyi mengenai kesatuan. Ada lebih dari 200 kitab suci ini. 

Walau cuma dikit yang disusun pada periode sebelum Buddha Gautama pada era ke-5 SM. Salah satunya tulisan suci yoga yang mengagumkan merupakan Bhagavad-gita (Lagu Tuhan), dimana sang pembaharu sosial Mahatma Gandhi bicara seperti berikut : 

“Ketika kekecewaan memandang muka saya, serta dalam sendirian saya lihat tidak ada satu cahaya sinar, saya kembali pada Bhagavad Gita. Saya temukan suatu ayat serta saya selekasnya tersenyum di tengahnya tragedi besar, serta hidup saya penuh tragedi external, apabila mereka tidak tampak, tidak ada sisa luka yang tidak terhapuskan pada saya, saya berutang pada ajaran Bhagavad Gita. ” 

Yoga praklasikal ada juga dalam dua epos besar India, Ramayana serta Mahabharata. Beberapa sekolah yoga praklasikal meningkatkan tehnik untuk sampai meditasi mendalam, dimana beberapa yogi serta yoginis melebihi badan serta pikiran temukan karakter sejati mereka. 

3. Yoga klasik 

Label ini laku untuk delapan kali lipat yoga, juga dikenal menjadi Raja Yoga, yang di ajarkan oleh Patanjali dalam bukunya Yoga-Sutra. Teks Sansekerta ini terbagi dalam 200 laporan aforistik. 

Sutra dengan harafiah bermakna ‘benang’. Maknanya menjadi benang memori, pertolongan mengingat buat siswa yang menjaga pengetahuan serta kebijakan Patanjali. 

Yoga Sutra mungkin saja ditulis di era ke dua Masehi. Komentar Sansekerta mengenai Yoga Sutra ada pada Yoga-Bhasya (Pidato mengenai Yoga) yang dihubungkan dengan Vyasa. Itu ditulis pada era ke lima Masehi. 

Diluar legenda yang ada, tidak ada yang di ketahui mengenai Patanjali atau Vyasa. Patanjali yakin jika tiap-tiap individu merupakan kombinasi dari materi (prakriti) serta roh (purusha). 

Dia mengerti proses yoga supaya bisa membawa proses perpisahan materi serta roh. Maksudnya supaya dapat memulihkan semangat dalam kemurnian mutlak. 

4. Yoga posklasikal 

Lagi-lagi ini adalah kelompok yang begitu mendalam. Merujuk pada semua type type serta sekolah yoga yang banyak muncul pada periode sesudah Yoga Sutra punya Patanjali. 

Berlainan dengan yoga classic, yoga posklasikal menyatakan kesatuan menjadi akhir semuanya. Di satu bagian, dualisme yoga classic bisa disaksikan menjadi selingan singkat yang kuat dalam saluran ajaran nondualis yang kembali pada jaman kuno Veda. 

Menurut ajaran ini, Anda, kita, serta kebanyakan orang atau semuanya merupakan suatu segi atau ekspresi dari satu hal serta kenyataan yang sama. Dalam bhs Sansekerta kenyataan tunggal dimaksud Brahman (bermakna tumbuh ekspansif) atau Atman (transendental diri yang bertentangan dengan terbatasnya ego diri). 

Beberapa era sesudah Patanjali, evolusi Yoga makin menarik. Saat ini, beberapa ahli besar mulai menyelidki kemampuan tersembunyi dari badan. Generasi awal mulanya beberapa yogi serta yoginis tidak memberikan perhatian spesial pada badan. 

Mereka lebih tertarik pada kontemplasi, ke titik dimana dapat keluar dari badan dengan sadar. Maksudnya, mereka tinggalkan dunia di belakang, serta masuk dengan kenyataan tanpa bentuk, yaitu jiwa. 

Generasi baru beberapa master yoga membuat skema yang didesain untuk meremajakan badan serta perpanjang hidup. Badan dipandang seperti kuil jiwa yang kekal, bukan hanya wadah yang dibuang di kesempatan pertama. 

Kesenangan membuat yoga melahirkan Yoga Hatha, vs amatir yang saat ini diterapkan di semua dunia. Ini dapat yang mengakibatkan beberapa cabang serta sekolah yang lain seperti Yoga Tantra. 

5. Yoga modern 

Histori yoga moderen dengan luas mulai dimulai di parlemen agama di Chicago pada 1893. Pada kongres itu Swami Vivekananda (svamin) yang bermakna ‘master’ membuat kesan-kesan besar serta kekal di muka publik Amerika. 

Atas perintah gurunya, Ramakrishna yang suci, dia temukan jalan ke Amerika, dimana waktu itu dia tidak paham akan jiwa. Dia diundang ke parlemen, dan jadi diplomat yoga sangat popular. Tahun setelah itu, dia lakukan perjalanan luas untuk menarik beberapa siswa pelajari Yoga. 

Sebelum Swami Vivekananda beberapa master yoga lainnya sudah menyeberangi lautan berkunjung ke Eropa. Akan tetapi dampak mereka singkat. Keberhasilan besar Vivekananda seperti buka pintu air buat beberapa ahli yogis lainnya dari India. Rupanya saluran kehadiran guru dari Timur belumlah berhenti. 

Sesudah Swami Vivekananda, guru sangat popular di beberapa tahun awal pergerakan Yoga di Barat merupakan Paramahansa Yogananda. Dia datang di Boston pada 1920. Lima tahun selanjutnya, dia membangun Self-Realizaton Fellowship, yang kantor pusatnya saat ini masih tetap berada di Los Angeles. 

Walau dia sudah ‘meninggalkan’ tubuhnya pada 1952 di umur lima puluh sembilan, dia selalu mempunyai pengikut di semua dunia. Sesudah kematiannya badan Yogananda tidak tunjukkan pertanda rusaknya saat dua puluh hari penuh. 

Tokoh yang begitu popular saat beberapa dekade sesudah 1920-an merupakan Ramacharaka. Cuma segelintir orang tahu jika Ramacharaka rupanya bukan nama sebetulnya. 

Itu merupakan nama samaran dari dua orang yaitu William Walker Atkinson yang tinggalkan firma hukumnya di Chicago untuk berlatih yoga, gurunya Baba Bharata. 

Semenjak awal 1930-an sampai kematiannya pada 1986, Jiddu Krishnamurti bicara dengan fasih pada beberapa ribu filsuf Barat. Dia mendemonstrasikan Jnana Yoga, serta menarik kerumunan besar pendengar serta pembaca. 

Lingkaran dekat teman-temannya merupakan Aldous Huxley, Christopher Isherwood, Charles Chaplin, serta Greta Garbo. Bernard Shaw bahkan juga memvisualisasikan Krishnamurti menjadi manusia sangat indah yang sempat dilihatnya. 

Yoga, berbentuk Yoga Hatha, masuk arus utama Amerika waktu Yogini asal Rusia Indra Devi, yang dijuluki menjadi ‘First Lady of Yoga’ buka studio di Hollywood pada 1947. 

Beberapa bintang yang diajarnya diantaranya, Gloria Swanson, Jennifer Jones, serta Robert Ryan, serta melatih beberapa ratus guru. Di usianya yang mencapai sembilan beberapa puluh dia tinggal di Buenos Aires, serta masih jadi nada yang punya pengaruh buat Yoga. 

Skema Iyengar yoga yang dikenalkan oleh BKS Iyengar juga jadi kejadian global, juta-an orang mengikutinya. Buku-buku BKS Iyengar terjual di 70 negara serta ditranslate ke 13 bhs. 

Iyengar mengutamakan kesehatan serta ketepatan kapasitas fisik lewat postur badan. Karena pendekatannya yang sekuler, pada 1969 cuma yoga Iyengar yang bisa di ajarkan di Inner London Education Authority. 

BKS Iyengar yang pada 20 Agustus lantas meninggal dunia di umur ke-95 jadi figur seperti selebritas. Dia tampil di tv lakukan prestasi dengan liukan tubuhnya. 

Pada 1973, saat dia berkunjung ke Amerika Serikat untuk ke-2 kalinya, beberapa ratus orang sudah menanti. Bak jamur pada musim hujan Asosiasi yoga Iyengar tampil di Amerika Utara, Eropa, serta pelosok dunia lainnya.

No comments:

Post a Comment