Thursday, August 2, 2018

Ledies, Inilah 30 Penyebab Utama Haid tidak Teratur dan Menstruasi tidak Lancar

Ledies, Inilah 30 Penyebab Utama Haid tidak Teratur dan Menstruasi tidak Lancar - Terlambat hadir bulan atau haid tidak teratur sering dihadapi wanita. Tidak hanya karena kehamilan, pemicu telatnya menstruasi dapat juga berbagai macam. Ada yang cuma adalah masalah hormon mudah ada juga yang pantas dicermati karena adalah tandanya ada penyakit serius. 

Ledies, Inilah 30 Penyebab Utama Haid tidak Teratur dan Menstruasi tidak Lancar

1. Penurunan Berat Tubuh yang Drastis 
Berat tubuh yang turun mencolok kurun waktu singkat dapat menyebabkan pada telatnya menstruasi. Keadaan masalah alur makan serius seperti anoreksia serta bulimia merupakan pemicu utama orang alami penurunan berat tubuh mencolok serta terlambat hadir bulan. 

2. Stres 
Dokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M. D., seperti diambil dari Women’s Health menuturkan jika hypothalamus, salah saut sisi dari otak begitu dipengaruhi oleh stres. Hypothalamus merupakan tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi saat stres mengganggu kapasitas hypothalamus karena itu produksi hormon juga jadi tidak seimbang. 

3. Masalah Pada Kelenjar Tiroid 
Kelenjar tiroid yang ada pada leher berperan mengatur metabolisme badan Anda. Kelenjar ini dapat berhubungan dengan beberapa skema badan yang lainnya supaya berjalan dengan seharusnya. Tetapi saat berlangsung tidak seimbangan pada tiroid, baik itu hipotiroid ataupun hipertiroid, maka dapat punya pengaruh juga pada kelancaran siklus haid. 

4. Hormon Tidak Seimbang 
Menurut dokter spesialis kandungan Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG (K), pemicu utama menstruasi tidak teratur merupakan hormon yang tidak konstan. Kesetimbangan hormon adalah dari hasil satu kerja sama pada otak, kandung telur, kelenjar di otak, dan kelenjar tiroid. Jika berlangsung masalah dalam peredaran hormon itu bisa mengakibatkan siklus menstruasi wanita terganggu. 

“Gangguan hormon ini muncul karena faktor-faktor, seperti seringkali kecapekan, pekerjaan, atau stres. Beban pikiran yang sangat berat dapat memengaruhi hormon estrogen serta progesteron hingga beresiko pada siklus menstruasi mereka, ” jelas Dr Frits pada Wolipop. 

5. Pil Kontrasepsi 
Siklus menstruasi dapat juga terganggu karena alat pengatur kehamilan. Beberapa macam pil kontrasepsi dosis rendah dapat mengakibatkan haid tidak teratur. Menurut Alyssa, hal tersebut adalah resikonya dari mengkonsumsi pil KB serta tidaklah terlalu membahayakan. Alat yang lain seperti IUD, spiral atau suntik KB dapat juga jadi pemicu haid tidak teratur. 

6. Jamur atau Penyakit 
Dr Frits menyampaikan, jadwal mens yang berantakan juga bisa karena ada penyakit seperti jamur. “Kalau contohnya dia seseorang olahragawan, hidup dengan stres, haidnya jarang, kalau ada penyakit juga bisa karena ada tumor, ” papar pria yang sempat jadi konsultan ob/gyn di Kampus Padjajaran itu. 

Ia merekomendasikan pada beberapa wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak normal semestinya selekasnya tanyakan ke dokter kandungan. Biasanya, jika permasalahannya karena hormon akan dikasihkan pil keseimbangan hormon. Akan tetapi jika nyatanya ada masalah penyakit umumnya akan dilakukan tindakan dengan obat atau operasi.

No comments:

Post a Comment