Sunday, August 5, 2018

Menurut Ahli Kesehatan, Ternyata Memandangi Foto Selfie Rekan Buat Wanita Semakin Tidak Percaya Diri

Menurut Ahli Kesehatan, Ternyata Memandangi Foto Selfie Rekan Buat Wanita Semakin Tidak Percaya Diri - Senang selfie serta asik terlalu lama di media sosial? Hati-hati, ‘hobi mainstream’ ini dapat membuat Anda, beberapa wanita terasa cemas dengan bentuk badan sendiri. 

Menurut Ahli Kesehatan, Ternyata Memandangi Foto Selfie Rekan Buat Wanita Semakin Tidak Percaya Diri

Riset paling baru temukan, lihat foto-foto rekan di Facebook, Path, Twitter atau Instagram akan membuat wanita condong tidak yakin diri dengan tubuhnya. Makin seringkali wanita lihat photo selfie serta photo yang lain di media sosial, akan makin seringkali juga mereka melihat negatif dianya. 

Menariknya, foto-foto rekan atau orang yang mereka kenal tambah lebih besar merubah imej badan daripada lihat selfie selebriti. Studi ini adalah yang pertama-tama mempelajari mengenai korelasi pada waktu memakai media sosial serta imej badan yang negatif. 

Sejak dahulu mass media sudah di ketahui mempunyai dampak besar pada langkah orang melihat tampilan dianya. Akan tetapi ada banyak yang belumlah tahu mengenai bagaimana media sosial merubah pandangan seorang mengenai tubuhnya sendiri. 

Dari riset yang dikerjakan di University of Strathclyde, Ohio University serta University of Iowa di ketahui jika wanita muda adalah pemakai media sosial yang sangat banyak serta mereka mem-posting photo selfie di internet semakin banyak daripada pria. 

Survey menyertakan 881 mahasiswi di Amerika Serikat menjadi responden. Mereka disuruh menjawab beberapa pertanyaan dari mulai pemakaian Facebook, alur makan serta berolahraga sampai penilaian mereka pada citra diri pribadi. Nyatanya rutinitas mereka di media sosial tidak ada pengaruhnya pada masalah alur makan tetapi lebih pada pandangan mereka pada bentuk badan. 

Semakin seringkali wanita terlalu lama di media sosial, makin banyak mereka memperbandingkan badan mereka dengan teman-temannya serta makin negatif ia lihat penampilannya. “Sering buka Facebook tidak membuat wanita ‘memusuhi’ makanan tetapi memang benar ada hubungan dengan imej badan yang buruk, ” jelas Petya Eckler dari University of Strathclyde, seperti diambil dari BBC. 

Dia memberikan, “Pengaruh media sosial pada pembentukan alur fikir mengenai bentuk badan dapat lebih beresiko daripada media biasa (media massa-red) karena mereka yang berada di media sosial merupakan beberapa orang yang kita kenal. ” 

Oleh karenanya, dianjurkan untuk membatasi atau kurangi pemakaian media sosial. Bisa saja buka Facebook, Path atau Twitter sehari-hari akan tetapi jangan pernah terlarut di dalamnya, bahkan juga sampai sepanjang hari cuma memandangi foto-foto di account Anda. Semakin lebih berguna bila waktu yang Anda butuhkan untuk ber-social media itu dipakai untuk melakukan aktivitas fisik supaya badan tampak lebih indah serta sehat.

No comments:

Post a Comment