Sunday, August 5, 2018

Mitos atau Fakta? Berkhayal Domba Bisa Bantu Atasi Insomnia, Mitos atau Fakta

Mitos atau Fakta? Berkhayal Domba Bisa Bantu Atasi Insomnia, Mitos atau Fakta - Waktu kesusahan tidur, mengkalkulasi domba diakui beberapa orang dapat menolong mengatasinya. Ya, di sejumlah literatur, trick ini memang sudah lama dipercaya dapat membuat orang lebih cepat tertidur. 

Mitos atau Fakta? Berkhayal Domba Bisa Bantu Atasi Insomnia, Mitos atau Fakta

Kebiasaan lama merekomendasikan untuk memikirkan domba-domba tengah melompati pagar kayu, lantas menghitungnya satu per satu. Apakah benar trick ini efisien membuat orang selekasnya ngantuk serta tidur pulas? Atau cuma mitos? 

Dengan ilmiah, belumlah ada riset yang menunjukkan kalaupun kalau tehnik mengkalkulasi domba sebelum tidur dapat menangani insomnia. Akan tetapi pada umumnya, memikirkan suatu didalam pikiran dapat menolong otak singkirkan beberapa hal negatif. Seperti di ketahui, stres serta pikiran negatif adalah pemicu utama orang menanggung derita insomnia. 

Psikolog Dianne Richard menuturkan, taktik untuk bikin orang cepat mengantuk serta melupakan stres merupakan lakukan suatu yang sederhana, berkali-kali serta menjemukan. Dengan demikian mengkalkulasi domba termasuk juga ke ‘mental imaginary’ yang dapat mengubah pikiran dari beberapa hal yang membuat stres. 

Inspirasi dibalik pengalihan pikiran ini merupakan membuat Anda berhenti terasa cemas, berencana suatu atau pikirkan jalan keluar dari beberapa permasalahan yang dihadapi di kantor atau rumah mendekati tidur. Kegiatan psikis itu dapat menyebabkan produksi hormon cortisol, yang dimaksud sebagai hormon stres. 

“Ketika itu berlangsung, Anda selalu terbangun serta peluang untuk dapat tidur jadi semakin kecil, ” kata Dianne, yang praktek di klinik spesial pengobatan insomnia Woolclock Institute of Medical Research. 

Akan tetapi mengkalkulasi domba juga belumlah pasti dapat menangani insomnia. Eektivitasnya juga belumlah dapat dibuktikan. “Itu bergantung dari bagaimana Anda memikirkan domba-domba itu, ” tutur Dianne, seperti diambil dari ABC Australia. 

Ditambah lagi bila yang Anda pikirkan sangat menjemukan, bukan mustahil Anda akan berhenti menghitungnya sebelum perasaan ngantuk hadir serta pada akhirnya hormon cortisol kembali muncul. Akhirnya bukan lebih gampang tidur tetapi malah makin bertambah stres. 

Dianne sendiri tidak mereferensikan Anda untuk memikirkan domba yang tengah melompat menjadi taktik untuk cepat tidur. Menurut dia, imej domba yang melompat dapat sangat merangsang otak. Sesaat memikirkan domba yang cuma berdiri diam juga sangat menjemukan. 

“Gambaran objek yang Anda pilih sebaiknya efisien buat diri Anda sendiri. Mesti adalah suatu yang menyenangkan serta menyamankan, ” katanya. 

Dianne merekomendasikan untuk memikirkan objek lainnya yang lebih menentramkan. Contohnya ombak yang menyentuh perahu, ikan warna-warni yang berenang dengan perlahan-lahan, kelopak mawar yang berjatuhan atau pesawar terbang yang asapnya membuat tulisan ‘RELAX’ di awan. 

Akan tetapi bila membayang suatu bukan langkah yang pas buat Anda untuk cepat tertidur, Dianne merekomendasikan semestinya lakukan suatu yang lebih praktikal. Dapat dengan membaca novel yang plot ceritanya lamban, aromaterapi dengan lilin wangi serta minyak mendasar atau meditasi. Juga bisa dengan konsumsi makanan yang mempunyai zat spesifik untuk bantu Anda tertidur seperti susu hangat atau kangkung.

No comments:

Post a Comment