Sunday, August 5, 2018

Mitos atau Fakta? Tidak Makan Daging Bisa Terbebas dari Kanker

Mitos atau Fakta? Tidak Makan Daging Bisa Terbebas dari Kanker - Apakah arah seorang jadi vegetarian? Banyak orang hindari makan daging serta berpindah ke sayuran untuk memperoleh hidup yang sehat. Diantaranya untuk terhindari dari penyakit kanker. 

Mitos atau Fakta? Tidak Makan Daging Bisa Terbebas dari Kanker

Beberapa saran memang mengatakan jika mengkonsumsi sayuran serta buah, atau beberapa bahan lainnya yang datang dari nabati lebih sehat daripada hewani. Tetapi apakah benar tidak makan daging benar-benar dapat menahan kanker? 

Menurut Ketua Cancer Council Australia Kathy Chapman, diet berbabis nabati seperti buah, sayuran serta gandum utuh memang dapat membuat perlindungan badan dari beberapa macam kanker spesifik. Akan tetapi belumlah ada bukti tentu jika hindari semua makanan yang terbuat dari daging akan kurangi resiko terserang kanker. 

“Kami di Cancer Council jelas merekomendasikan orang untuk banyak makan buah serta sayuran. Bila Anda ingin melakukan diet vegetarian karena itu Anda mesti pastikan bahan-bahannya memang sehat. Tetapi bila maksudnya adalah untuk turunkan resiko kanker, itu tidak selamanya, ” jelas Kathy yang anggota komite nutrisi serta kegiatan fisik Australia, seperti diambil dari ABC Australia. 

Bila maksudnya adalah untuk hidup sehat karena itu konsumsi banyak sayur serta buah merupakan hal yang pas. Akan tetapi lagi Kathy menyatakan, bukan bermakna Anda mesti menghilangkan benar-benar mengkonsumsi daging untuk terlepas dari kanker. 

Beberapa periset sudah memprediksi jika diet tidak sehat merupakan satu diantara 10 aspek pemicu kanker. Tetapi tidak selamanya makan daging bermakna Anda telah melakukan diet yang berisiko. 

Kathy kembali menuturkan, memang benar ada bukti yang tunjukkan jika buah serta sayur dapat membuat perlindungan Anda dari beberapa macam kanker spesifik. Seperti kanker mulut serta leher, kanker perut serta kanker usus. 

Suatu studi bahkan juga temukan jika orang yang sangat banyak makan buah serta sayur, resiko terserang kanker mulut menyusut sampai 22 % daripada mereka yang amat sedikit makan sayuran. 

Selain itu orang yang kebanyakan makan daging, terpenting daging merah olahan seperti sosis, salami serta bacon begitu rawan terserang kanker usus. Akan tetapi amat sedikit bukti yang tunjukkan kalaupun konsumsi daging ayam, ikan atau seafood akan tingkatkan resiko kanker. 

UK World Cancer Research Fund and Australian mereferensikan jumlahnya aman konsumsi daging optimal 500 gr (well done) atau 750 gr (rare) per minggu untuk mengawasi kesehatan. 

Akan tetapi buat Anda yang memang bersikeras ingin jadi vegetarian atau vegan untuk terhindari dari kanker, Kathy menyampaikan ada banyak type sayur serta buah yang memang dapat menahan datangnya kanker akut. Bawang merah serta daun bawang sudah dapat dibuktikan dapat membuat perlindungan dari kanker perut. Sedang sayuran seperti kol, brokolo serta Brussel sprout (kecambah) baik menahan kanker usus. 

Ada juga beberapa buah serta sayur yang lebih efisien menahan kanker bila konsumsinya digabungkan karena memiliki kandungan anti-oksidan atau zat pelawan kanker yang berlainan. Tomat, wortel serta sayur/buah lainnya yang kaya beta-karoten mempunyai anti-oksidan yang berlainan dengan buah berry, atau citrus. 

Karena itu dianjurkan Anda konsumsi sayur serta buah beberapa warna untuk penuhi manfaat anti-oksidan yang beragam macam, hingga ketahanan badan pada radikal bebas pemicu kanker bekerja lebih maksimal.

No comments:

Post a Comment