Friday, August 3, 2018

Stres serta Mood Labil Saat PMS? Ini Langkah Efektif Yang Ampuh Mengatasinya

Stres serta Mood Labil Saat PMS? Ini Langkah Efektif Yang Ampuh Mengatasinya - Waktu PMS (premenstrual syndrome), emosi wanita sering tidak termonitor karena pergantian hormon. Dalam waktu itu wanita jadi gampang geram, peka, stres bahkan juga frustasi. Tidak hanya emosi yang labil, wanita juga alami pergantian pada bagian-bagian tubuhnya. 

Stres serta Mood Labil Saat PMS? Ini Langkah Efektif Yang Ampuh Mengatasinya

Beberapa wanita rasakan payudaranya semakin besar serta mengencang, beberapa lagi mengakui tubuhnya makin bertambah gemuk atau lingkar pinggangnya melebar. Ada juga yang rasakan ngilu atau pegal pada perut, paha dan pinggulnya. 

Berdasar pada survey yang diselenggarakan oleh Healthspan, perusahaan supplier vitamin, mineral serta suplemen kesehatan di Inggris, PMS jadi salah satunya penyebab stres serta bad mood pada wanita. Sekitar 24 % wanita mengakui mood-nya jadi begitu fluktuatif saat periode PMS. 

Tanda-tanda PMS memang susah dijauhi, tetapi bukan bermakna tidak dapat diatasi. Studi itu juga temukan beberapa cara yang sangat efisien untuk menurunkan bad mood karena PMS, atau yang dikarenakan oleh hal yang lain. Seperti diambil dari Female First, ‘obat’ terunggul untuk mengusir stres merupakan menyempatkan diri untuk enjoy sendirian atau arti populernya ‘me time’. 

“Pada dasarnya manusia, walau dia bersosialisasi tetapi masih merupakan makhluk perorangan. Perlu waktu buat sendiri. Manusia perlu menyenangkan diri pribadi tak perlu menyertakan orang yang lain. Lakukan suatu sendiri membuat kita lebih baik serta menyenangkan, ” jelas Psikolog Ayoe Sutomo, M. Psi. 

Sesudah nikmati kesendirian, Anda dapat meneruskannya dengan bermain bersama dengan anak, lalu olahraga. Kegiatan fisik cukuplah efisien menghilangkan bad mood karena akan tingkatkan produksi hormon endorphin. Hormon ini membuat perasaan Anda lebih baik, turunkan tanda-tanda depresi, tingkatkan daya dan menolong masih tenang serta lebih konsentrasi waktu melawan stres. 

Makanan yang dikonsumsi dapat juga menolong menangani emosi yang labil serta keadaan fisik yang kurang fit karena PMS. Semestinya jauhi makanan dengan kandungan gula tinggi seperti cokelat, es cream atau cake karena dampak ‘bahagia’ nya cuma sesaat serta sesudah dampaknya hilang, stres malah dapat makin bertambah kronis. 

Rob Hobson, seseorang pakar nutrisi dari Healthspan merekomendasikan untuk banyak konsumsi makanan yang kaya vitamin B6, karena akan tingkatkan produksi serotonin (hormon bahagia) dengan alami. Perbanyaklah makan buah serta sayuran, jauhi makanan tinggi sodium (garam), cukupi konsumsi kalsium, zinc serta lemak sehat seperti omega-3. Asam lemak ini akan menolong menyetabilkan produksi prostaglandin yang dapat kurangi pembengkakan pada badan, perut kembung serta memperlancar haid. 

Dianjurkan juga mengompres badan dengan handuk atau botol berisi air hangat. Suhu yang hangat dapat jadi therapy mudah yang menentramkan badan ataupun pikiran. Juga bisa dengan coba mandi air hangat untuk dampak relaksasi. “Air hangat lebih efisien untuk bikin relaks, ” kata Ayoe.

No comments:

Post a Comment