Sunday, August 5, 2018

Tidak Selalu Maag dan Masuk Angin, Ini 30 Penyebab Lain Perut Kembung Yang Harus Anda Ketahui

Tidak Selalu Maag dan Masuk Angin, Ini 30 Penyebab Lain Perut Kembung Yang Harus Anda Ketahui - Perut kembung memunculkan perasaan tidak nyaman serta biasanya berlangsung saat kandungan gas didalam perut berlebihan. Pemicu perut kembung dapat berbagai macam, contohnya karena maag, masuk angin atau ada reaksi kimia dari makanan spesifik yang dikonsumsi, hingga merangsang produksi gas berlebihan didalam usus. 

Tidak Selalu Maag dan Masuk Angin, Ini 30 Penyebab Lain Perut Kembung Yang Harus Anda Ketahui

Kembung dapat juga karena disebabkan masalah pencernaan lainnya seperti iritasi atau infeksi usus serta sembelit. Beberapa makanan dapat juga mengakibatkan munculnya gas berlebihan seperti sayuran (kol, kubis, brokoli, kembang kol serta kacang polong), makanan yang memiliki kandungan serat tinggi, minuman berkarbonasi, makanan yang memiliki kandungan sorbitol dan fruktosa. 

Makanan itu dapat mengakibatkan gas berlebihan karena tidak dapat dipecah oleh enzim pencernaan didalam usus kecil hingga saat sampai usus besar yang mengolah merupakan bakteri. Proses ini dapat membuahkan semakin banyak gas dibanding proses pencernaan yang berlangsung di usus kecil. 

Keunggulan gas didalam usus serta berdiam diri didalam aliran pencernaan menyebabkan perut kembung. Walau sebenarnya harusnya gas-gas ini di keluarkan hingga tidak menumpuk di perut. Sebagian orang umumnya akan berupaya menghilangkan gas berlebihan dari pada tubuh lewat cara buang angin atau bersendawa. 

Hal tersebut dapat menolong mengawasi desakan dalam aliran usus supaya masih rendah. Rata-rata orang akan melepas gas lewat kentut atau sendawa sekitar 14 kali dalam satu hari baik dengan sadar maupun tidak sadar. 

Tetapi bila hal tersebut tidak berlangsung, perut akan terasa tidak nyaman serta dapat mengganggu kegiatan. Saat belum juga dalam keadaan yang akut, perut kembung dapat diatasi dengan beberapa cara alami. Inilah beberapa tips-nya. 

1. Mengkonsumsi Makanan yang Gampang Dicerna 
Lakukan pergantian alur makan serta pola hidup, diantaranya pilih makanan yang gampang diolah badan seperti nasi, jeruk, anggur dan hindari makanan yang memiliki kandungan gas tinggi (kol, kubis, brokoli, kembang kol serta kacang polong). 

2. Jauhi Makanan Penyebab Kembung 
Sebagian orang terkadang mempunyai reaksi berlainan pada makanan spesifik, hingga sebaiknya seorang mengetahui makanan apa yang dapat membuat tanda-tanda jadi lebih jelek atau baik. Contohnya beberapa orang alami intoleransi laktosa, yakni badan tidak mempunyai enzim yang bisa mengolah laktosa pada susu hingga saat minum susu, perutnya akan sembelit atau kembung. Karena itu semestinya jauhi makanan dan minuman olahan dari susu. 

3. Makan Sedikit-sedikit 
Semestinya makan 6 kali satu hari dengan bagian kecil dibanding dengan 3x dalam bagian besar. Karena makanan yang lebih kecil semakin lebih gampang diolah dan lebih dikit membuahkan gas.

No comments:

Post a Comment