Sunday, August 5, 2018

Wajib Kamu Ketahui! Inilah Daftar Makanan yang Porsinya Harus Ditambah Supaya Tidak Cepat Lapar Waktu Puasa

Wajib Kamu Ketahui! Inilah Daftar Makanan yang Porsinya Harus Ditambah Supaya Tidak Cepat Lapar Waktu Puasa - Makan sahur begitu terpenting supaya badan tidak lemas serta kuat berpuasa lebih dari 12 jam lamanya. Makanan yang dikonsumsi waktu sahur juga sebaiknya komplet kandungan nutrisinya, tetapi dalam jumlahnya yang cukuplah sebutan lain tidak terlalu berlebih. 

Wajib Kamu Ketahui! Inilah Daftar Makanan yang Porsinya Harus Ditambah Supaya Tidak Cepat Lapar Waktu Puasa

Bagian nutrisi mesti tercukupi dari mulai karbohidrat, protein, serat juga vitamin serta dalam jumlahnya yang seimbang. Dokter gizi Johannes Chandrawinata, SpKG menuturkan, pada sebuah piring memiliki ukuran tengah mesti ada sekurang-kurangnya 1/4 karbohidrat dari nasi putih atau nasi merah, 1/4 protein, 2/3 sayur serta satu butir buah. 

Waktu sahur, jumlahnya protein dapat diperbanyak supaya perut merasa kenyang serta daya juga bertahan lebih lama. Contohnya saja Anda telah makan satu potong dada ayam menjadi lauk, karena itu dapat meningkatkan protein dengan sebutir telur rebus, juga bisa sepotong tahu atau tempe. Dokter yang berpraktik di Melinda Hospital, Bandung ini menyampaikan jika protein condong lamban diolah badan. 

“Protein membuat kenyang merasa lebih lama dibanding karbohidrat. Itu bantu kurangi perasaan lapar, ” katanya waktu diwawancara Wolipop lewat telephone, Kamis (10/7/2014). 

Menjadi penambahan daya, dokter Johannes juga merekomendasikan untuk minum susu sebentar sebelum waktu imsak. Susu yang kaya protein dapat membuat perut tidak merasa sangat lapar waktu puasa. 

“Susu perlahan diserapnya oleh badan, kandungan indeks glikemiknya juga rendah. Tetapi kalaupun yang miliki intoleransi laktosa (tidak mempunyai enzim yang dapat mengolah gula didalam susu) tidak bisa, ” jelas dr. Johannes.  

Lantas bagaimana dengan saran untuk makan sahur semakin banyak supaya tenaga lebih kuat waktu puasa? Jawabannya merupakan bergantung type makanan yang dikonsumsi. Dokter Johannes menuturkan, perasaan lapar akan cepat hadir jika yang nasi yang dikonsumsi sangat pulen atau lembut, karena diolah badan cuma sesaat. Mengakibatkan waktu puasa yang dirasa merupakan lapar yang mengagumkan. 

Ia merekomendasikan untuk konsumsi nasi merah yang seratnya tinggi serta memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Bisa saja mengonsumsi nasi putih akan tetapi pilih yang bentuk bijirin yang berasnya panjang. 

“Tapi masih langkah masaknya janganlah sangat empuk. Diluar itu mesti ada sayuran serta proteinnya cukuplah, ” katanya. 

Sesaat ahli nutrisi Prof. Dr. Hardinsyah, MS tidak merekomendasikan untuk makan dalam bagian kebanyakan saat sahur. Bagian makan semestinya masih seperti alur makan umumnya serta yang penting merupakan gizinya mesti seimbang. 

“Puasa tidak puasa, perut tidak bisa sangat kenyang. Kalaupun paksakan makan banyak tidak baik juga. Mesti seimbang. Berhentilah sebelum kenyang, ” tuturnya.

No comments:

Post a Comment