Wednesday, August 1, 2018

Waspada! Ternyata Handuk Mandi Benda Sangat Banyak Sebarkan Kuman di Rumah

Waspada! Ternyata Handuk Mandi Benda Sangat Banyak Sebarkan Kuman di Rumah - Bersihkan perlengkapan dengan lap basah serta cairan pembersih tidak selamanya jamin rumah Anda bersih keseluruhan dari kuman. Demikian juga waktu mengeringkan badan dengan handuk sesudah mandi, bukan bermakna badan Anda jadi bebas kuman seutuhnya. Dua benda yang semestinya jadi alat pembersih itu nyatanya malah punya potensi besar jadi sarang kuman. 

Waspada! Ternyata Handuk Mandi Benda Sangat Banyak Sebarkan Kuman di Rumah

Studi tunjukkan jika lap dapur serta handuk mandi adalah benda sangat banyak sebarkan kuman didalam rumah. Alasannya ada dua : pertama, handuk serta lap sering dilewatkan lembab kurun waktu lama hingga bakteri serta kuman banyak bercokol didalam serat-serat kainnya. Ke-2, dua benda itu sering dipakai di beberapa tempat sangat banyak kuman didalam rumah, yakni dapur serta kamar mandi. 

Riset paling baru yang dikerjakan University of Arizona temukan ada coliform, bakteri yang ada pada kotoran manusia. Jumlahnya bakteri ini sampai 89 % yang tinggal di lap dapur serta handuk. Coliform adalah bakteri yang dapat mengakibatkan keracunan makanan serta diare. Sesaat E. Coli diketemukan pada 25, 6 % handuk. 

Lap dapur serta handuk mandi menaruh semakin banyak bakteri beresiko daripada perlengkapan rumah tangga yang lain, karena kerap dipakai untuk mengelap tangan serta permukaan yang mungkin saja sudah terserang daging mentah. Dengan tidak sadar Anda sudah lakukan kerancuan silang saat mengelap tangan dengan handuk lantas memegang makanan atau secara langsung masukkan tangan ke mulut. Dengan demikian, dengan tidak sadar Anda menularkan kuman serta bakteri ke diri pribadi. 

“Sementara handuk untuk mengelap muka serta badan mungkin sebarkan bakteri serta virus ke semua bagian keluarga jika memakai handuk yang sama, ” tutur penulis studi Charles Gerba, seperti diambil dari Daily Mail. 

Bersihkan handuk mandi serta lap dapur nyatanya kurang untuk singkirkan kuman dengan keseluruhan, bahkan juga memakai mesin pencuci sekalinya. Beberapa periset mengingatkan jika bakteri dapat bertahan hidup walau kain itu sudah dicuci serta dikeringkan dengan deterjen. 

Charles kembali menuturkan jika coliform, E. coli serta Salmonella tidak ringan mati serta bertahan waktu proses pengeringan kain. Bakteri itu mungkin hidup serta tumbuh kembali bila lap serta handuk basah atau lembab lagi. Lantas seperti apakah langkah yang sangat efisien untuk memberantas kuman di di lap dapur serta handuk? 

Periset menyampaikan jika merendam kain dalam larutan pemutih (bleaching) saat dua menit lebih efisien kurangi jumlahnya kuman serta bakteri daripada mencucinya. Langkah pencucian juga butuh dilihat. Membersihkan dengan suhu rendah tidak selamanya dapat membunuh bakteri oleh karena itu begitu dianjurkan membersihkan dalam temperatur panas, ditambah lagi untuk baju bayi serta anak. 

“Orang condong menempatkan suhu air rendah untuk membersihkan kain. Pencucian dengan air panas mesti dikerjakan bila sempat dipakai oleh bagian keluarga yang sakit atau terserang muntahan anak, ” pendapat Kepala Biologi serta Pengetahuan Biomedis Aston University Anthony Hilton. 

Sesudah di rendam dengan cairan disinfektan serta dicuci, jemurlah lap serta handuk di bawa serta cahaya matahari sampai kering. Sesudah kering, simpan ditempat yang tidak ringan terserang kelembapan.

No comments:

Post a Comment