Monday, August 6, 2018

Waspadai! Jika Langsung Sikat Gigi Sesudah Makan Bahaya Untuk Kesehatan Mulut Lho, Ini Penjelasannya

Waspadai! Jika Langsung Sikat Gigi Sesudah Makan Bahaya Untuk Kesehatan Mulut Lho, Ini Penjelasannya - Menggosok gigi sesudah makan sering dikerjakan beberapa orang, terpenting saat konsumsi makanan yang tinggalkan berbau tidak enak pada mulut. Contohnya acar bawang, masakan berbumbu kari atau ikan-ikanan. 

Waspadai! Jika Langsung Sikat Gigi Sesudah Makan Bahaya Untuk Kesehatan Mulut Lho, Ini Penjelasannya

Rutinitas yang keliatannya baik ini nyatanya beresiko negatif buat kesehatan. Sikat gigi sesudah makan atau minum suatu, terpenting yang berbentuk acidic (asam) seperti minuman bergula, wine, buah atau juice citrus dapat mengganggu kesehatan mulut. 

“Buah-buahan terpenting jeruk atau juice lemon, cuka, minuman tambah energi serta soda mempunyai tingkat keasaman tinggi serta itu dapat membuat enamel gigi jadi lunak, ” tutur Dr Peter Alldritt, direktur Komite Kesehatan Mulut Australian Dental Association, seperti diambil dari ABC Australia. 

Peter memberikan, bila Anda secara langsung menggosok gigi sesudah konsumsi makanan atau minuman acidic, enamel yang awal mulanya telah jadi lunak itu bertambah rusak. Mengakibatkan gigi lebih cepat keropos, berlubang atau merasa nyeri. Peter merekomendasikan untuk menanti sekurang-kurangnya 30 menit sesudah makan bila ingin menggosok gigi. 

Dalam 30 menit, mulut akan mempunyai waktu untuk menghasilkan air liur yang akan menetralkan keasaman itu. Air liur atau saliva ini dapat menolong memperkuat gigi serta menyerap kalsium semakin banyak, dan bertindak menjadi susunan pelindung gigi. 

“Saliva memiliki kandungan kalsium serta ion-ion fosfat. Gigi juga mempunyai ion ini jadi saliva bertindak menjadi penyedia kalsium serta fosfat buat gigi Anda, ” papar Peter. 

Tidak cuma itu, saliva juga memiliki kandungan enzim yang dapat menetralisir zat asam serta kembalikan pH mulut ke kondisi normal atau netral. Jadi menggosok gigi sesudah makan atau minum sebetulnya tidak jadi permasalahan saat yang Anda mengkonsumsi tidak memiliki kandungan keasaman tinggi.

No comments:

Post a Comment