Monday, August 6, 2018

Waspadai! Ternyata Ini 20 Kebiasaan Salah Saat Menyeduh Teh Yang Bisa Menyebabkan Jadi Tidak Sehat

Waspadai! Ternyata Ini 20 Kebiasaan Salah Saat Menyeduh Teh Yang Bisa Menyebabkan Jadi Tidak Sehat - Rutinitas orang Indonesia dalam menyediakan teh biasanya diseduh dengan air yang masih tetap mendidih serta didiamkan lama. Bahkan juga ada yang membiarkan daun teh atau teh celup didalam teko sepanjang hari sampai airnya habis. Langkah penyajian semacam itu nyatanya salah, serta sayangnya, masih tetap sedikit orang tahu. 

Waspadai! Ternyata Ini 20 Kebiasaan Salah Saat Menyeduh Teh Yang Bisa Menyebabkan Jadi Tidak Sehat

Diterangkan ahli teh Ratna Somantri, teh semestinya diseduh dengan air panas yang suhunya dibawah 100 derajat Celcius. Penyeduhannya juga tidak bisa kelamaan, rata-rata cuma 2-3 menit per hidangan. 

“Kalau daun tehnya kelamaan tidak diangkat, dapat keluarkan beberapa zat yang kurang baik, ” tutur Ratna, waktu terlibat perbincangan dengan Wolipop di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (17/04/2014). 

Seperti diambil dari BBC Health, teh yang kelamaan diseduh akan mengakibatkan makin bertambahnya cafein yang keluar dari serbuk teh waktu lalu beralih ke cangkir. Proses pengeluaran cafein itu akan semakian banyak pada minuman akhir yang kelamaan diseduh. Menjadi contoh, teh yang diseduh saat 5 menit cafein yang keluar akan makin banyak di banding teh yang diseduh 3 menit. 

Cafein bertindak selaku stimulan ke jantung dan skema saraf pusat. Diluar itu cafein dapat juga tingkatkan desakan darah dalam periode pendek hingga dapat mengganggu kesehatan pada seorang yang mempunyai hipertensi. Dampak cafein pada desakan darah sangat mungkin saja berlangsung bila seorang mengkonsumsinya dalam jumlahnya yang terlalu berlebih, atau orang itu begitu peka. 

Wanita yang telah memahami dunia teh semenjak 2006 ini dapat menjelaskan, semasing type teh dapat berlainan langkah penyeduhannya, akan tetapi yakinkan suhu air tidak lebih dari 100 derajat Celcius. Teh hitam semestinya diseduh dengan air panas bersuhu 90-95 derajat Celcius. Sedang teh putih mesti pada 70-80 derajat Celcius, akan tetapi waktu penyeduhannya dapat lebih lama. 

Teh putih diseduh dapat sampai 5-10 menit. Karena teh putih itu merupakan daun teh yang cuma dikeringkan. Tidak lewat tingkatan proses sama dengan type teh yang lain. Teh type lainnya, karena telah ditekan-tekan jadi keluar getahnya serta saat terkena air panas perasaan serta warna tehnya secara langsung keluar. Kalaupun teh putih tidak, perlu waktu lama sampai keluar aroma serta rasa-rasanya, ” urai Ratna, yang sempat ikuti pelatihan pengenalan teh di Malaysia. 

Suhu air waktu menyeduh teh putih tidak bisa sangat panas karena dapat mengakibatkan kerusakan aroma serta rasa-rasanya. Waktu terserang air yang begitu panas, rasa-rasanya dapat beralih serta aroma daunnya semakin lebih tajam daripada aroma teh. Bila diseduh dengan suhu serta waktu yang pas, teh putih akan keluarkan perasaan manis serta dikit beraroma fruity. 

“Teh yang tidak bagus rasa-rasanya lebih pahit dibanding teh yang bagus. Jadi tiap-tiap seduh teh, daunnya mesti secara langsung diangkat janganlah didiamkan, ” katanya. 

Untuk teh hijau, langkah penyeduhannya kurang lebih sama dengan teh hitam, cuma saja suhunya dapat lebih direndahkan. Suhu baik untuk menyeduh teh pada 80-90 derajat Celcius untuk memperoleh faedah anti-oksidan, aroma serta perasaan yang optimal.

No comments:

Post a Comment